Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 21:46 WIB

Ini Kata Perancangnya Tentang Jimny Terbaru

Minggu, 21 Juli 2019 | 17:17 WIB
Ini Kata Perancangnya Tentang Jimny Terbaru

INILAHCOM, Tangerang - Jimny merupakan mobil legendaris yang diperkenalkan oleh Suzuki dan telah menjadi bagian masyarakat Indonesia. Mengaspal sejak tahun 1979 di Indonesia, Jimny telah melalui tiga generasi dengan berbagai perubahan pada desain dan mesin.

Tahun ini, bertepatan dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali merespon kerinduan pecinta Jimny di Indonesia dengan meluncurkan Jimny generasi keempat.

Jimny generasi keempat hadir membawa ciri khas generasi sebelumnya dengan model boxy, kompak, dan fungsional guna menunjang performa off-road.

Baca juga: Suzuki Jimny, Sang Legenda dengan Segudang Cerita

"Secara keseluruhan, rancangan Jimny generasi keempat dibuat untuk memberikan pengalaman mengemudi yang andal di berbagai medan, baik untuk pengguna mobil sehari-hari sampai pengendara off-road profesional. Jimny terbaru ini hadir dengan desain yang lebih eksklusif, namun tetap membawa gaya khas yang dicintai oleh para penggemar Jimny lintas generasi," Hiroyuki Yonezawa, Chief Engineer Jimny Suzuki Motor Corporation (SMC).

Dalam proses pengembangan desain terbaru Jimny, SMC melakukan riset mendalam dengan mewawancarai para pengguna kendaraan off-road profesional untuk memahami kebutuhan dan keinginan mereka akan kendaraan yang mampu melintasi berbagai medan yang ekstrem.

Selain itu, SMC mendengarkan tanggapan para pecinta Jimny yang telah mengikuti uji kendara prototipe untuk menguji fungsi dan performa Jimny generasi keempat secara langsung.

Jimny generasi keempat tidak hanya mengandalkan keindahan yang dihasilkan oleh performa, tetapi juga kepraktisan pada fitur-fiturnya.

Fitur-fitur seperti Ladder Frame, 4WD dengan jangkauan gigi roda rendah dan rigid axle suspension yang diwariskan dari generasi sebelumnya, dikembangkan lebih jauh lagi untuk meningkatkan performa, kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Dengan penerapan konsep tersebut, desain eksterior Jimny generasi keempat memiliki sudut-sudut tegas yang menjaga kendaraan agar tetap kokoh dan stabil.

Baca juga: Suzuki Resmi Jual Jimny Terbaru Mulai Rp315,5 Juta

Beberapa fitur eksterior Jimny generasi keempat juga menggabungkan berbagai elemen rancangan yang disematkan pada generasi sebelumnya, sehingga menciptakan tampilan klasik Jimny dengan sentuhan yang lebih modern.

Sementara, interior Jimny generasi keempat dibuat lebih praktis dengan detail-detail fungsional, seperti fitur Panel Control, AC Auto Climate serta bagasi yang lebih fleksibel dan dilengkapi luggage box.

Yonezawa menambahkan bahwa dengan kelengkapan fungsi yang menyeluruh, Jimny generasi keempat diciptakan sebagai Jimny yang memiliki desain terbaik dalam sejarah Jimny, sehingga dapat diterima dan semakin dicintai oleh konsumen.

Hadir di Indonesia

Jimny generasi keempat yang berhasil meraih gelar 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year di ajang World Car Awards, hadir secara eksklusif untuk mewujudkan keinginan penggemar setia Jimny di Indonesia.

Jimny terbaru itu mengusung dimensi panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm, yang menggunakan mesin K15B 1.500cc untuk menghasilkan tenaga 102 hp pada 6000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4000 rpm.

Untuk memenuhi jiwa petualang pemiliknya, Jimny generasi keempat memiliki ground clearance setinggi 210 mm dan radius putar 4,9 meter sehingga memudahkan pengemudi saat harus bermanuver di area yang sulit ditempuh.

Untuk membantu meredam guncangan saat berada di dalam mobil, Suzuki juga menambahkan kekuatan pada suspensi 3 link rigid axle yang dilengkapi coil spring dan disangga struktur Ladder Frame.

Saat menjelajahi medan menanjak ataupun menurun, fitur Hill Hold Control dan Hill Descent Control bisa digunakan untuk menjaga kendaraan agar tidak meluncur. Selain itu, terdapat juga 3 Points ELR Seatbelt yang mengencang secara otomatis dan menahan tubuh jika terjadi hentakan keras.

Beberapa bagian eksterior Jimny generasi keempat mengadopsi tampilan tiga generasi sebelumnya, seperti bentuk fog lamp dan headlamp LED Projector terbaru yang menyerupai bentuk lampu Jimny generasi pertama (LJ80), dua garis horizontal di sisi kap mobil diwarisi dari Jimny generasi kedua (SJ410), dan bentuk grille depan yang mirip dengan Jimny generasi ketiga (JB77).

Jimny tipe warna tunggal (single tone) tersedia dengan kelir Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green. Sedangkan varian warna ganda (two tones) terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3, Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black Pearl 3.

Generasi terbaru Jimny dibanderol dengan harga OTR Jakarta Rp315,5 juta untuk varian single tone MT, Rp317,5 juta untuk varian two tones MT, Rp328 juta untuk varian single tone AT, dan terakhir Rp330 juta untuk varian two tones AT. [ikh]

Komentar

x