Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 21:35 WIB

Review Produk

Realme X: Melangkah Mantap di Segmen Menengah

Oleh : Ibnu Naufal | Senin, 15 Juli 2019 | 12:45 WIB
Realme X: Melangkah Mantap di Segmen Menengah
(inilahcom/Ibnu Naufal)

BERBEKAL penjualan yang menunjukkan respon positif, realme di Indonesia terus 'gaspol' memberikan sub-brand OPPO kepercayaan diri yang tinggi untuk kembali menghadirkan perangkat tertingginya saat ini, yakni realme X.

Perangkat yang menekankan gaya dan kinerja pengalaman ke yang lebih tinggi, sehingga konsumen dapat dibebaskan dari perbandingan yang menghabiskan waktu dalam memilih merek dan membuat keputusan dengan cepat, dalam pengalaman 'tanpa beban'.

Untuk tujuan ini, realme X membawa semangat 'Dare to Leap' atau 'Berani untuk Melangkah' melalui pengadopsian banyak teknologi dan konfigurasi yang sebelumnya hanya ada pada model smartphone flagship, untuk menghadirkan pengalaman ponsel yang lebih baik kepada lebih banyak konsumen.

Di atas semua itu, realme X adalah hasil dari kerja keras yang terbayarkan dalam segi desain, kinerja, dan layanan, dengan tujuan akhir membawa pengalaman lebih di semua aspek.

Realme X hadir dengan segudang fitur unggalan yang dimiliki kebanyakan fitur ponsel flagship. INILAHCOM beruntung sudah mendapatkan unit realme X ke meja redaksi untuk diulas sebelum peluncurannya resminya pada akhir Juli ini.

Berikut ulasan review singkat INILAHCOM setelah beberapa hari menjajalnya.


Desain

Sekilas, realme X adalah ponsel yang cukup bongsor berkat layar 6,5 inci. Dibuat dengan panel belakang yang melengkung, dengan begitu keuntungannya bagaimanapun, membuatnya mudah untuk tangan pengguna menggenggam perangkat.

Realme X mengusung desain yang tampak berbeda dibandingkan ponsel realme lainnya. Sebab, realme X mengusung kamera selfie pop-up beresolusi 16 megapiksel (bukaan lensa f/2.0), sehingga ponsel ini tak memiliki poni (notch).

Panel glasstik mengkilap tetap solid dan terlihat cukup menarik dalam dua gradasi warna baru. Salah satunya adalah kombinasi warna biru dan ungu sementara yang lain putih dengan reflektif agak merah muda.


Kedua opsi warna menunjukkan pola berbentuk S saat melihatnya dengan sudut tertentu di bawah cahaya.

INILAHCOM mendapat varian warna Space Blue untuk dijajal, dan meskipun tidak terlihat unik dan kalem dalam skema ponsel gradien yang lebih di luar sana, realme X memang terlihat cantik dari sudut luar.

Tombol power memiliki aksen kuning, yang merupakan sentuhan yang bagus. Untuk ponsel sebesar realme X, tombol daya dan volume ditempatkan dengan baik di dekat bagian tengah bingkai untuk setiap jangkauan. Bagian tengah atas bingkai adalah tempat kamera selfie muncul.

Tepat di atas tombol power posisi kanan ponsel, Terdapat slot SIM yang dapat menampung dua kartu SIM Nano.

Sayangnya tidak ada dukungan untuk perluasan penyimpanan, meski realme X yang dihadirkan memiliki penyimpanan besar 128GB. Akan menarik untuk melihat bagaimana konsumen, terutama di Indonesia, akan bereaksi terhadap opsi kartu microSD yang hilang.

Realme X mengusung jack headphone 3.5mm dan port Type-C yang merupakan pertama kalinya realme gunakan pada perangkatnya.

Ada grill speaker tunggal di bagian bawah yang mengeluarkan suara cukup keras. Ponsel ini juga mendukung Dolby Atmos, yang seharusnya menawarkan pengalaman manis dengan earphone tambahan.

Layar dan Antarmuka

Menurut INILAHCOM, realme X adalah ponsel realme pertama dengan tampilan yang lebih baik ketimbang ponsel realme yang telah kami ulas sebelumnya dan sangat menyenangkan melihat perusahaan yang baru berusia setahun dapat mengikuti tren saat ini dengan sangat baik.

Bezel di bagian atas dan samping sangat tipis. Ada dagu, tapi tidak tebal. realme X menawarkan panel Super AMOLED 6,5 inci.

Ya, Super AMOLED, menurut konfirmasi yang didapat INILAHCOM panel yang digunakan realme X adalah jenis di atas AMOLED tidak seperti yang beredar di China yang dimana panel ini disediakan oleh Samsung.

Resolusi ini adalah Full HD+ (2340x1080) dan ini benar-benar tampilan yang cukup menakjubkan. Sangat mudah untuk menyukai warna-warna cerah dan jelas di layar.

Warnanya terlihat dalam dan kaya, dan pencahayaan terlihat lebih baik. Ini adalah jenis tampilan yang tepat untuk mode gelap sistem-lebar dan Anda dapat mengharapkan bahwa dengan Android Q mendatang.

Video dan game akan terlihat bagus di realme X, tapi saat ini INILAHCOM tidak bisa mengujinya secara mendalam.

Untuk perlindungannya terdapat Corning Gorilla Glass 5 yang semakin menambah kekokohan layar 6,53 inci yang dimiliki oleh realme X dan memberi kesan lebih mendalam kepada pengguna saat menonton video dan menelusuri gambar.

Dari sisi antarmuka, realme X hadir dengan Color OS 6.0 berbasis Android 9.0 Pie yang digunakan juga oleh realme 3 Pro. Sesuai dengan namanya, icon-icon notifikasi warna-warni dan tampilan yang cerah membuat Color OS terlihat hidup dan ceria.

Kamera

Dalam hal fotografi, realme telah mengikuti kemajuan R&D dari konfigurasi perangkat keras hingga kualitas foto sampai pengalaman optimisasi. Ini berlanjut dalam realme X dengan menggunakan kombinasi kamera utama 48MP (Sony IMX 586) + kamera sekunder 5MP.

Kamera utama memiliki sensor 1/2.0 inci dan aperture f/1.7 yang besar. Quad-in-one pixel technology Quad (Binning Pixel) meningkatkan pixel tunggal menjadi 1,6um.

Semua kombinasi memastikan keunggulan perangkat keras intrinsik yang solid untuk meningkatkan kekuatan identifikasi scene, toleransi, dan kinerja pencahayaan.

Dari segi perangkat lunak, realme X melatih kamera ke kinerja yang sebanding dengan model smartphone flagship di industri.

Kamera belakang realme X dibuat dengan menggunakan sensor Sony IMX586, memiliki piksel 48MP dan kekuatan identifikasi scene yang belum pernah ada sebelumnya.

Gambar yang diambil dengan kamera ini lebih jelas dan memberikan lebih banyak ruang untuk crop dan editing. Sensor 1/2.0-inch, dikombinasikan dengan aperture f/1.7, secara alami memastikan umpan cahaya yang lebih tinggi dan kualitas gambar yang jauh lebih baik.

Teknologi binning 4-in-1 piksel Quad Bayer membentuk piksel ukuran 1.6um dan memberikan kamera kinerja yang lebih baik dalam pencahayaan redup dan fotosensibilitas yang lebih tinggi. Kombinasi ini mampu meningkatkan kualitas gambar yang diambil pada malam hari.

Perangkat keras setingkat flagship, ditambah solusi penyetelan gambar eksklusif realme, mampu menghadirkan gambar pemandangan malam yang jelas dan mengembalikan warna sebenarnya.

Untuk kamera depan, realme X memiliki fitur 16MP, aperture f/2.0, dan sensor gambar Sony IMX 471. Teknologi built-in Quad Bayer four-in-one pixel binning meningkatkan satu pixel menjadi 2.0m.

Dari pengujian INILAHCOM, hasil foto kamera realme X begitu memukau. Penggunanya dapat memilih antara foto-foto dengan warna natural atau dengan kontras warna yang lebih tinggi dengan fitur Chroma Boost.

Untuk beberapa skenario, penggunaan Chroma Boost akan memperindah hasil foto. Namun bagi yang suka hasil foto dengan warna lebih natural dan tidak terlalu mencolok, sebaiknya matikan fitur Chroma Boost.

Untuk kamera selfie, hasilnya lebih beragam. Modul kamera pop-up menampung sensor 16 megapiksel, dan itu cukup tajam meski terkadang pemrosesan digitalnya terlalu kuat, sehingga hasil foto selfie yang terlihat sangat tidak wajar kadang-kadang.

Saat beralih ke kamera depan modul pop-up kokoh dan cepat: modul ini mengangkat atau memendek dalam waktu kurang dari setengah detik.

Pemilihan scene secara otomatis dilakukan dengan cepat oleh Snapdragon 710 dengan fitur AI. Kami dapat mengatakan fitur AI atau scene recognition pada realme X sudah layak digunakan terus menerus karena sudah memberikan hasil yang cukup tajam dan akurat.

Untuk Video meski tidak ada kamera penstabil OIS, tetapi realme X dengan EIS melakukan pekerjaan stabilisasi yang solid selama video hingga 4K / 30fps.

Berikut hasil tangkapan kamera realme X

Kamera belakang:


Kamera depan:

Mode potret:

Video:

Performa

Sama halnya dengan realme 3 Pro, realme X hadir dengan prosesor Snapdragon 710 yang menempati posisi menengah atas di kasta Snapdragon 2019.

Meskipun Snapdragon 660 masih mumpuni, dan masih banyak smartphone yang diluncurkan tahun ini masih mengusung prosesor tersebut, Snapdragon 710 mengusung peningkatan di sisi komputasi & artificial intelligence yang cukup berarti.

Klaim Qualcomm bahwa Snapdragon 710 mengusung dua kali lipat kemampuan AI dari seri 600 telah kami buktikan. Kamera realme X dengan cepat dapat memilih mode-mode pemotretan secara akurat. Pengenalan muka secara individual ataupun secara grup juga dipilih secara akurat oleh kamera realme X.

Tentu saja peningkatan proses grafis dengan Adreno 616 juga memberikan smartphone ini kemampuan bermain PUBG pada settingan grafis smooth dan frame rate ultra atau settingan grafis HD dan frame high untuk performa terbaik.

INILAHCOM juga melakukan beberapa uji benchmark untuk mengukur performa sebuah perangkat. dengan menjalankan set pengujian untuk penilaian performa perangkat yang dibagi dengan AnTuTu, Geekbehch, 3Dmark, dan Pcmark.

Selain kinerja, Snapdragon 710 hadir dengan teknologi fabrikasi 10 nanometer.

Secara teori, semakin kecil fabrikasinya, semakin rendah resistensi aliran listrik, sehingga membuat perangkat elektronik dengan teknologi fabrikasi ini menjadi lebih efisien.

Realme X juga dibekali dengan fitur biometrik terbaru, yaitu sensor pemindai sidik jari yang terletak di dalam layar.

Untuk mendukung pembukaan kunci sidik jari berbasis cahaya, realme X hadir dengan lima animasi efek khusus seperti energy beams, mirrored flower and moon, void field of power, radiant bright light, riding on the mists and clouds, untuk memberikan kesan personal bahkan di saat singkat ketika ponsel dihidupkan.

Saat diuji INILAHCOM pengenalan dan kecepatan membuka kunci cukup bisa dikenali dengan jangkauan pengenalan analisis cukup cepat.

Hal ini berkat akselerasi drive chip berkat upaya terpadu dari realme, Qualcomm, dan Goodix. DSP acceleration engine 'memanggil' setiap chip ke dalam perintah lebih cepat untuk mempersingkat pembukaan kunci sidik jari di bawah layar.

Dari sisi teknologi lainnya ada uga teknologi suara Dolby Atmos, noise cancellation menggunakan mic bawan HP, Bluetooth 5.0 (A2DP, LE, aptX HD), WiFi 802.11 A/b/g/n/ac, dual-band, dan WiFi Direct.

Baterai

Berbekal baterai dengan kapasitas 3765mAh pada penggunaan sehari-hari, kami mendapatkan baterai tersisa 25 persen di malam hari dalam penggunaan normal kondisi bekerja santai.

Dengan menonton YouTube sekitar 15 menit, telepon, chatting, email, dan bermain game pada waktu istirahat, realme X dapat bertahan hingga lebih dari 15 jam.

Toh bila memang diperlukan untuk melakukan pengisian baterai, teknologi VOOC Flash Charge 3.0 mengizinkan smartphone ini untuk mengisi 55 persen kapasitas baterai dalam setengah jam.

Spesifikasi

- Layar: 6.5-inci FHD+ Super AMOLED rasio 19.5:9 Corning Gorilla glass 5
- Kamera: 48MP+5MP (belakang) dan 16MP (depan) Video EIS mendukung 4K 30Fps
- Chipset: Qualcomm Snapdragon 710, Adreno 616
- RAM/Memori: 8GB/128GB
- Baterai: 3765mAh
- Konektivitas: Nano Dual SIM 4G VoLTE, Wi-Fi dual-band 802.11ac, Bluetooth 5.0, GPS / GLONASS / BeiDou, Wi-Fi Direct, Radio FM , Type-C, jack headphone
- Keamanan: Sensor sidik jari di layar

Kesimpulan

Dengan slogan 'Dare to Leap', realme X menghadirkan smartphone papan tengah premium yang sangat menggoda.
Di era smartphone berlomba menjadi yang termahal atau menjadi yang termurah, realme makin berani hadir menjadi penantang untuk menjadi yang terbaik di kelasnya.

Kombinasi kinerja, produktivitas, daya tahan baterai, pengisian daya cepat serta modul kamera pop-up yang mumpuni membuat realme X hadir sebagai produk disruptif yang makin mantap bermain di smartphone kelas menengah.

Meski banderolnya belum diungkap resmi di pasar Indonesia, pihak realme memastikan harga perangkat ini tidak akan berbeda jauh dengan versi globalnya yang dipatok di kisaran Rp3,8 juta.

Jadi, bagi Anda para milenial khususnya yang menginginkan smartphone kencang dengan kamera berkualitas dan baterai tahan lama, realme X merupakan pilihan yang terbaik saat ini.

Komentar

x