Find and Follow Us

Minggu, 22 September 2019 | 11:45 WIB

Seperti Apa Kehebatan Chipset MediaTek Helio P65

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 4 Juli 2019 | 08:30 WIB
Seperti Apa Kehebatan Chipset MediaTek Helio P65
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - MediaTek mengumumkan peluncuran chipset smartphone barunya, Helio P65. Chipset ini dibuat dengan proses manufaktur 12nm, dengan arsitektur delapan inti (octa-core) yang memungkinkan kinerja tinggi dan konsumsi daya rendah.

MediaTek Helio P65 mengintegrasikan dua inti CPU Arm Cortex-A75 dan enam inti CPU Cortex-A55 ke dalam sebuah kluster cache L3 besar.

Chipset ini juga memiliki GPU Arm Mali-G52 baru untuk pengalaman game mobile yang lebih baik, dengan kinerja 25 persen lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

"Selain meningkatkan kinerja game mobile, meningkatkan pengalaman fotografi pengguna merupakan fokus utama lainnya bagi kami," kata Zonglin Li, General Manager unit bisnis Wireless Communication MediaTek, dalam keterangan tertulis yang diterima INILAHCOM.

Mengikuti tradisi Helio dalam memberdayakan smartphone dengan fitur-fitur kamera tingkat tinggi, Helio P65 mengambil langkah lebih maju dengan sebuah akselerator hardware yang sudah ditingkatkan, menawarkan kinerja yang lebih handal lagi dan pengalaman fotografi luar biasa bagi konsumen.

"Peluncuran chipset MediaTek Helio P65 niscaya akan menjadi pendorong baru bagi inovasi smartphone di kelas menengah," imbuh Zonglin Li.

Seperti yang sudah disebutkan, MediaTek Helio P65 mendapatkan peningkatkan dari sisi performa dengan mengandalkan CPU Octa-Core yang berisi dua Cortex-A75 dan enam Cortex-A55. Pemakaian Cortex-A75 dalam chipset baru tersebut akan memberi peningkatan yang signifikan.

Selain dari sisi CPU, MediaTek Helio P65 ini juga mendapatkan peningkatan dalam GPU. Chipset tersebut memakai GPU Mali-G52. Disebutkan bahwa konfigurasi CPU dan GPU dari MediaTek Helio P65 ini sangat mirip dengan chipset Kirin 810 terbaru milik Huawei yang sama-sama menyasar kelas menengah.

Sayangnya, MediaTek Helio P65 hanya mendukung kamera dual 16MP atau satu kamera dengan resolusi 48MP. Meski demikian, chipset tersebut juga mendapat peningkatan dalam sisi GPS, dual 4G VoLTE, Bluetooth 5.0, dan Cat-7 downlink/Cat-13 uplink.

Chipset anyar ini juga mendukung layar dengan resolusi hingga 2520 x 1080 piksel serta mendukung RAM sebesar 8GB, fitur face unlock, dan fast charging.

Komentar

x