Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 20:50 WIB

Mengenal eSAF, Teknologi Rangka Baru Honda Genio

Minggu, 30 Juni 2019 | 14:14 WIB
Mengenal eSAF, Teknologi Rangka Baru Honda Genio
(astra-honda.com)

PEKAN lalu, Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skuter matik (skutik) anyar mereka yang diberi nama Honda Genio. Sepeda motor ini hadir dengan desain yang benar-benar baru dibandingkan para pendahulunya, termasuk teknologi konstruksi frame (rangka) baru untuk meningkatkan efisiensi ruang dan juga handling saat dikendarai.

Mengikuti desainnya, frame eSAF --demikian Honda menamainya-- memiliki bentuk lebih simpel dengan bagian belakang melengkung ke arah atas, seolah mengadopsi para penggemar modifikasi yang ingin memanfaatkan frame ini dalam berkreasi.

Frame dengan teknologi eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame ini baru pertama kali diterapkan Honda pada kendaraan roda dua di Indonesia, yakni pada Honda Genio.

Baca juga: Ada 11 Pilihan Warna, Honda Luncurkan Skutik Genio

Menurut Honda dalam penjelasan spesifikasinya, frame ini menggunakan proses produksi mutakhir seperti pengelasan press dan laser. Struktur tersebut dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas pengendalian dan penanganan (handling).

Dengan demikian, skutik anyar Honda ini menjadi lebih mudah dikendarai, ringan, dan nyaman untuk bermanuver.

Rangka baru ini bahkan mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien, terbukti dengan kapasitas bagasi Honda Genio yang mencapai 14 liter dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter.

Honda Genio dibekali mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan sistem injeksi penuh PGM-FI, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Dengan mesin ini, Honda Genio mampu berakselerasi dari 0-200 meter dalam waktu hanya 12,4 detik dengan kecepatan maksimumnya mencapai 94 km/jam.

Mesin generasi terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

Berdasarkan pengujian internal Honda dengan metode ECE R40, skutik anyar ini mengonsumsi bahan bakar 59,1 km/liter, yang artinya bahwa dengan tangki terisi penuh, Honda Genio mampu menjangkau perjalanan hingga sejauh 248 km.

AHM memasarkan Honda Genio dalam dua tipe, CBS dan CBS-ISS, dengan total 11 varian warna yang stylish serta casual sesuai dengan tren generasi muda saat ini.

Tipe CBS yang dipasarkan Rp17.200.000 (on-the-road Jakarta) dan tersedia dalam lima warna, yakni smart white blue, smart red, smart black, smart black red, dan smart silver.

Sementara tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp17.700.000 (on-the-road Jakarta), hadir dalam enam pilihan warna, yakni trendy black red, trendy white blue, trendy white red, trendy white, trendy black, dan fabulous matte black sebagai varian spesial.

Komentar

x