Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 00:55 WIB

Kini OneDrive Lebih Aman dengan Personal Vault

Jumat, 28 Juni 2019 | 22:22 WIB
Kini OneDrive Lebih Aman dengan Personal Vault
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Layanan penyimpanan komputasi awan atau cloud storage besutan Microsoft, OneDrive, kini menyediakan area penyimpanan khusus bernama Personal Vault, untuk menyimpan file 'sensitif' pengguna dengan aman.

Dalam waktu dekat, Microsoft akan menggulirkan Personal Vault ke versi web OneDrive di Windows 10, beserta versi aplikasinya di Android dan iOS.

Mengutip The Verge, area penyimpanan tersebut dilindungi berbagai macam metode security untuk memastikan keamanannya, seperti nomor PIN, identifikasi wajah dan sidik jari, hingga otentikasi dua langkah (2FA).

Pengguna yang menyimpan file di area Personal Vault ini akan dimintai kode keamanan, setiap kali hendak mengaksesnya lewat web, PC, atau perangkat mobile.

Adapun file 'sensitif' untuk dilindungi di Personal Vault misalnya berupa salinan paspor, kartu identitas, atau informasi finansial pribadi miilik pengguna.

Untuk penyimpanan lokal di PC Windows 10, Personal Vault menggunakan area di harddisk yang dienkripsi dengan BitLocker, untuk sinkronisasi file di dalamnya dengan cloud OneDrive.

Enkripsi turut diterapkan untuk file Personal Vault di server Microsoft, juga saat transit dari dan ke perangkat pengguna.

Apabila dibiarkan idle beberapa lama, Personal Vault di PC akan terkunci otomatis, sehingga kembali meminta kode sebelum bisa diakses lagi.

Semua jenis file sebenarnya bisa disimpan di Personal Vault. Tapi tentu akan merepotkan apabila pengguna harus memasukkan kode tiap kali akan mengakses file yang remeh temeh sekalipun. Sebab itulah Personal Vault sebaiknya hanya dipakai untuk file sensitif.

Untuk awal, hanya ada tiga wilayah yang bakal kebagian, yakni Australia, Selandia Baru, dan Kanada.

Semua wilayah pasar OneDrive akan menyusul dapat Personal Vault menjelang akhir tahun ini. OneDrive sendiri merupakan salah satu penyedia cloud storage pertama yang menambah fitur khusus macam Personal Vault.

Layanan lain seperti iCloud, Google Drive, dan Dropbox belum menawarkan area penyimpanan serupa yang dilindungi keamanan otentikasi dua langkah.

Komentar

x