Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 06:01 WIB

Cegah Pemalsuan, Aki GS Gold Pakai QR Code

Selasa, 25 Juni 2019 | 10:30 WIB
Cegah Pemalsuan, Aki GS Gold Pakai QR Code
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Astra Otoparts menghadirkan aki GS Gold yang dilengkapi Quick Response Code (QR Code). Hal ini bertujuan untuk mencegah pemalsuan produk sekaligus mempermudah konsumen dalam melayangkan proses garansi yang disebut dengan 'e-Warranty'.

Direktur Astra Otoparts Yusak Kristian mengatakan bahwa dengan QR Code konsumen bisa dengan mudah membedakan mana yang asli dan palsu.

"Aki ini hanya akan punya satu identitas dalam barcode, jadi tidak mungkin ada dua aki dari satu QR," kata Yusak dalam keterangan tertulisnya.

"Adapun e-Warranty hadir sebagai upaya peningkatan layanan kami untuk pengguna sepeda motor, dengan kecepatan dan kemudahan akses data klaim konsumen secara lebih akurat dan komprehensif," imbuh dia.

Menurut Yusak, konsumen akan mudah memeriksa keaslian asli hanya dengan memeriksa QR Code yang tertera pada bagian atas aki.

QR Code yang dipindai menggunakan smartphone akan mengarahkan konsumen ke situs Astra Otoparts. Konsumen akan diminta mengisi data, mulai dari jenis produk, kendaraan yang digunakan, tahun kendaraan, hingga tanggal pembelian.

Data tersebut akan terekam dan menjadi identitas digital yang menempel pada produk aki itu. Jika melakukan pemeriksaan berkala atau klaim garansi, konsumen dan petugas tinggal memeriksa barcode tersebut. Kemudian, data itu akan muncul.

"Hal itu akan membuat proses klaim aki menjadi lebih mudah dan nyaman," kata Yusak.

Produk itu bisa didapat di jaringan Astra Otoparts yang berlogo 'GS Astra Smart', antara lain Shop&Drive, Motoquick, AstraOtoshop, dan beberapa outlet lainnya.

Yusak menjelaskan, penggunaan QR Code pada produk otomotif merupakan salah satu upaya digitalisasi bisnis yang dilakukan anak perusahaan Astra.

Selain untuk mengembangkan teknologi, mereka juga berharap dapat mengetahui lebih banyak data terkait konsumen dengan menggunakan QR Code itu, misalnya jenis kendaraan, usia kendaraan, lama penggunaan aki, dan lain sebagainya.

"Dengan data itu, kami bisa menyediakan produk yang pas untuk keperluan konsumen," pungkas Yusak.

Komentar

x