Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 16:17 WIB

Paten WIPO

Smartphone Layar Lipat OPPO dengan Kamera Pop-Up

Selasa, 18 Juni 2019 | 11:00 WIB
Smartphone Layar Lipat OPPO dengan Kamera Pop-Up
(Let'sGoDigital)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - OPPO diketahui telah mengajukan paten perihal desain smartphone layar lipat pada Organisasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO).

Mengutip GSM Arena, permohonan paten tersebut dikirim ke kantor WIPO pada Oktober 2018 dan baru dirilis oleh kantor paten dunia itu pada 7 Juni lalu.

Dalam pengajuan paten tersebut, OPPO mencantumkan beberapa kerangka smartphone layar lipat terbaru mereka yang dilengkapi kamera dengan mekanisme pop-up.

Kerangka itu pun diilustrasikan ulang oleh pembuat render ulung, LetsGoDigital.

Yang membedakan smartphone layar lipat OPPO dengan produk serupa lain seperti Samsung Galaxy Fold atau Huawei Mate X, adalah hadirnya modul kamera yang bisa 'naik-turun'.

Dengan mekanisme ini, OPPO sepertinya bisa membuat layar lipat smartphone miliknya tampak full-screen, tanpa adanya gangguan seperti notch atau poni sebagai lokasi kamera selfie pada Samsung Galaxy Fold.

Mekanisme lipatan sendiri tampak lebih identik dengan Huawei Mate X ketimbang Samsung Galaxy Fold. Perbedaannya terletak pada mekanisme lipat dan engsel fleksibel yang serupa dengan Mate X.

Layar lebar Galaxy Fold jika dilipat akan menutup, sehingga kesannya terlindungi. Sementara itu, layar di ponsel OPPO dan Huawei Mate X justru menjadi bagian luar lipatan, di mana kedua layar saling memunggungi ketika dilipat.

Selain kamera dan mekanisme lipatan, smartphone layar lipat milik OPPO juga tampak masih mempertahankan audio jack 3.5mm.

Meski demikian, karena masih berupa paten, belum jelas kapan smartphone layar lipat ini bakal benar-benar diwujudkan dalam bentuk produk massal yang siap dipasarkan.

Komentar

x