Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 06:12 WIB

Foxconn Siapkan Pabrik iPhone di Luar China

Jumat, 14 Juni 2019 | 15:00 WIB
Foxconn Siapkan Pabrik iPhone di Luar China
(Foto: ist)

INILAHCOM, Beijing - Perang dagang antara AS dan China sedang terjadi. AS bahkan sampai merayu sekutu-sekutunya untuk ikut embargo China. Namun, perseteruan tersebut tetap berimbas ke raksasa teknologi AS, Apple.

Seperti diketahui, Apple banyak menggunakan jasa perusahaan asal China untuk merakit perangkat buatannya. Bahkan, Apple memakai jasa Foxconn, manufaktur asal Negeri Tirai Bambu, untuk memproduksi mayoritas iPhone.

Laporan Wall Street Journal menyebut bahwa petinggi Foxconn, Young Liu, menyatakan perusahaan sudah menyiapkan fasilitas produksi di luar China. Pabrik itu bisa untuk memproduksi iPhone.

Ia kemudian meminta kepada Apple untuk tidak lagi khawatir jika harus menggunakan jasa Foxconn guna merakit iPhone terbaru. Ia menegaskan bahwa produksi iPhone di pabrik Foxconn luar China bakal terhindar dari pajak tambahan.

Beberapa waktu lalu dilaporkan, Indonesia akan mendapat keuntungan dari imbas perang dagang. Kabarnya, perusahaan pemasok perangkat Apple, yakni Pegatron, akan memindahkan semua produksi non-iPhone dari China ke Tanah Air.

Selama ini, Apple memiliki tiga mitra manufaktur yang beroperasi di China, yakni Foxconn, Pegatron, dan Wistron. Namun, dikabarkan bahwa mulai pertengahan 2019, Pegatron akan beroperasi di Indonesia melalui PT Sat Nusapersada.

Belum jelas produk mana yang akan diproduksi oleh perusahaan tersebut. Yang jelas, PT Sat Nusapersada akan memproduksi produk Apple non-iPhone di Batam, Kepulauan Riau. Produk-produk yang sudah jadi bakal dikirim ke AS.

Komentar

Embed Widget
x