Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 08:10 WIB

Apple Resmi Kenalkan macOS Catalina

Rabu, 5 Juni 2019 | 10:10 WIB
Apple Resmi Kenalkan macOS Catalina

INILAHCOM, San Jose - Apple memperkenalkan macOS versi terbaru yang diberi nama Catalina. Kehadiran sistem operasi untuk desktop besutan Apple terbaru ini diumumkan di ajang konferensi tahunan untuk pengembang WWDC 2019 yang digelar di San Jose, California, AS

Pada versi terbaru macOS ini, Apple memperbarui sejumlah fitur. Salah satu yang paling mencolok adalah kemampuan iTunes yang dipoles untuk mendukung layanan Apple Music, Apple Podcast, serta Apple TV.

Fitur 'search' di Apple Podcast juga diperbarui dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang bisa memprediksi pencarian konten.

Dengan macOS Catalina, konten Apple TV juga bisa dinikmati dan mendukung resolusi hingga 4K.

Dalam sistem operasi anyar ini, Apple juga menghadirkan fitur macOS terbaru bernama Sidecar. Dengan fitur ini, pengguna bisa menggunakan iPad mereka sebagai layar sekunder dari perangkat yang terpasang macOS Catalina (misalnya MacBook).

Terakhir, Apple memperbarui dukungan aksesibilitas macOS Catalina dengan peningkatan performa dan algoritma suara asisten digital 'Siri', yang kini bisa dimanfaatkan untuk mengontrol Mac secara penuh hanya dengan perintah suara.

Fitur keamanan pun turut ditingkatkan. Kini macOS Catalina hadir dengan fitur pencarian perangkat Apple, atau disebut "'Find My', yang bisa digunakan saat sistem tidak terkoneksi dengan internet (menggunakan Bluetooth).

MacOS Catalina juga hadir dengan sistem 'activation lock' yang bisa digunakan untuk melindungi perangkat Mac dari pencurian (hanya hadir di Mac dengan chip keamanan T2).

Untuk ketersediaan secara umum, macOS Catalina bakal diluncurkan sekitar Juli 2019. Bagi pengguna yang tidak sabar ingin mencobanya, mereka bisa pergi ke situs Apple khusus untuk para pengembang di tautan berikut ini, kemudian mendaftarkan diri mereka dan login di situs tersebut.

Perlu dicatat, karena akses macOS terbaru ini terbatas hanya untuk para pengembang dan sejatinya merupakan versi beta, maka akan ada biaya berlangganan tahunan sebesar US$99 atau sekitar Rp1,4 juta.

Komentar

Embed Widget
x