Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 06:06 WIB

Apple Luncurkan Pro Display XDR, Harga Rp71 Juta

Rabu, 5 Juni 2019 | 08:08 WIB
Apple Luncurkan Pro Display XDR, Harga Rp71 Juta
(ist)

INILAHCOM, San Jose - Apple meluncurkan perangkat monitor yang diberi nama Pro Display XDR di ajang konferensi tahunan untuk pengembang WWDC 2019 yang digelar di San Jose, California, AS.

Seperti namanya, monitor teranyar dari Apple ini merupakan monitor yang bisa menampilkan konten-konten HDR yang lebih ekstrem alias XDR (Extreme Dynamic-Range).

Mengutip The Verge, Pro Display XDR dibekali panel LCD berukuran 32 inci yang mampu menampilkan gambar hingga resolusi 6K (6016 x 3384 piksel) dengan teknologi Retina Display.

Layar Pro Display XDR sendiri dilindungi dengan kaca berbahan 'nano-texture' yang bisa melindungi layar dari pantulan cahaya di sekeliling monitor, seperti cahaya lampu, sinar matahari, dan sebagainya.

Monitor besutan Apple ini juga bisa menampilkan konten HDR dengan tingkat kecerahan hingga 1.600 nits dan rentang warna dalam spektrum tertentu (color gamut) P3 dengan teknologi Apple TrueTone untuk menyesuaikan cahaya pada layar secara otomatis.

Dari segi desain, punggung Apple Pro Display XDR ini serupa dengan desain cangkang Mac Pro dengan bahasa desain ala 'parutan kelapa' berbalut metal.

Apple mengklaim desain ini juga berfungsi sebagai heatsink, sehingga monitor bisa menampung panas berlebih ketika menampilkan konten HDR dengan tingkat kecerahan maksimal.

Selain unit monitor, display teranyar bikinan Apple ini juga didukung dengan dudukan monitor (Pro Stand). Dudukan monitor ini dibekali dengan sanggahan layar yang bisa memutar display dari mode landscape menjadi portrait.

Pro Stand juga memiliki port Thunderbolt 3 yang bisa digunakan untuk menyambungkan monitor dengan perangkat-perangkat Apple, seperti Mac Pro dan MacBook, dan juga dengan sejumlah monitor Pro Display lainnya.

Untuk ketersediaan, Pro Display XDR bakal tersedia sekitar musim gugur mendatang dengan banderol harga di kisaran 4.999 atau sekitar Rp 71 juta. Sementara dudukan monitornya (Pro Stand) dijual secara terpisah dengan harga US$1.000 atau sekitar Rp 14,2 juta.

Komentar

Embed Widget
x