Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 07:59 WIB

MediaTek Umumkan SoC dengan Modem 5G Terintegrasi

Senin, 3 Juni 2019 | 11:30 WIB
MediaTek Umumkan SoC dengan Modem 5G Terintegrasi
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Taipei - Produsen semikonduktor asal China, MediaTek, baru saja mengumumkan System-on-Chip (SoC) terbarunya dalam ajang Computex 2019 di Taiwan

Berbeda dari SoC besutan MediaTek lain sebelumnya, SoC teranyar ini dibekali dengan modem 5G Helio M70 terintegrasi yang mendukung multi-mode.

Dengan kata lain, SoC ini sanggup tersambung ke jaringan 5G maupun jaringan seluler generasi sebelumnya (4G, 3G, 2G) tanpa perlu chip modem terpisah.

Hal tersebut terbilang istimewa karena SoC high-end atau mid-range dari produsen chipset lain belum ada yang memiliki modem 5G terintegrasi sehingga harus dipasangkan dengan chip modem 5G tambahan.

MediaTek masih belum mengumumkan nama dari SoC barunya itu. Hanya modem di dalamnya saja yang diketahui bernama Helio M70.

Mengutip GSM Arena, modem 5G Helio M70 diklaim mampu memberikan kecepatan unduh hingga 4,7 Gbps serta mendukung jaringan New Radio (NR) 2 Component Carrier (CC) untuk 5G.

Selain modem Helio M70 5G terintegrasi, di dalam SoC yang dibuat dengan proses fabrikasi 7nm ini tersemat Central Processing Unit (CPU) Cortex-A77 terbaru dan Graphics Processing Unit (GPU) Mali-G77.

Ada juga AI Processing Unit (APU) untuk pengolahan tugas-tugas terkait kecerdasan buatan dan dukungan sensor kamera hingga resolusi 80MP, berikut perekaman video hingga 4K 60 FPS.

SoC anyar dari MediaTek ini rencananya akan mulai tersedia secara global pada kuartal ketiga 2019. Sementara produk smartphone yang menggunakannya diperkirakan bakal dirilis mulai awal tahun depan.

Komentar

x