Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 08:57 WIB

Ini Aplikasi dan Situs Mobile untuk Temani Mudik

Jumat, 31 Mei 2019 | 16:30 WIB
Ini Aplikasi dan Situs Mobile untuk Temani Mudik
(Foto: Istimewa)

MEMPUNYAI aplikasi di smartphone yang dapat membantu selama perjalanan mudik tentu jadi hal yang terbilang penting saat pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi.

Selain aplikasi, situs yang memberi informasi lengkap mengenai jalur mudik dan mudah diakses secara mobile tentu jadi pilihan.

Terlebih, dengan aplikasi atau situs tersebut Anda dapat memantau titik-titik kemacetan, mencari titik pengisian bahan bakar, mencari rest area terdekat, mencari keberadaan ATM terdekat, dan lainnya.

Berikut beberapa aplikasi dan situs mobile yang mudah diakses menggunakan smartphone sebelum melakukan perjalanan mudik:

1. Waze

Selain dapat menjadi penunjuk arah ke suatu tempat, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang memperlihatkan kondisi kepadatan jalan raya.

Waze membagi tingkat kepadatan jalan menjadi tiga, yaitu warna merah, jingga, dan hijau.

Jika warna merah menyala sepanjang jalan tertentu, berarti kepadatan kendaraan di jalan tersebut begitu tinggi. Sementara itu, jika warna jingga yang menyala, maka jalan lumayan padat. Sedangkan, warna hijau menunjukkan jalan dalam keadaan lancar.

Aplikasi ini juga dilengkapi suara navigasi yang dapat dinyalakan atau dimatikan. Suara navigasi akan memberikan peringatan sebelum pengemudi harus berbelok ke jalan tertentu.

Adanya peringatan kepadatan jalan raya ini membuat Anda menyiapkan langkah antisipasi dengan mencari alternatif jalan lain dengan kepadatan yang tak begitu penuh.

2. Google Maps

Aplikasi Google Maps juga membantu penggunannya untuk mengetahui peta suatu wilayah tertentu.

Tak hanya itu, aplikasi keluaran Google ini juga membantu kita menemukan lokasi ATM terdekat, pom bensin, tempat ibadah, tempat makan, dan lainnya.

Dengan terintegrasinya aplikasi dengan Google Street View dan satelit, tentunya lebih memudahkan pengguna menemukan lokasi yang diinginkan. Apalagi, aplikasi juga dilengkapi fitur estimasi waktu tempuh ke lokasi yang dipilih tersebut.

Google Maps dapat tetap berfungsi meskipun dalam mode offline atau tidak aktif internet.

Aplikasi ini juga dilengkapi suara navigasi yang selalu siap memberikan peringatan kepada pengemudi untuk berbelok, mengambil lajur tertentu, dan sebagainya.

Navigasi yang diberikan termasuk pertimbangan mencapai lokasi dengan jalan yang lebih cepat atau menghindari kemacetan.

3. NTMC TV

iBOLZ National Traffic Management Center (NTMC) TV memberikan fasilitas bantuan untuk membantu memantau kondisi jalan raya terkini atau secara real time.

Pengguna aplikasi dapat memilih lokasi yang tersedia, kemudian video kondisi jalan akan muncul.

Pengelompokan pemilihan lokasi per wilayah lebih memudahkan pengguna.

4. Jasamarga Live

Aplikasi Jasamarga Live memberikan beberapa menu pilihan seperti streaming kondisi jalan tol, contact center, dan informasi tarif tol.

Pengguna lebih dimudahkan saat memilih lokasi mana yang akan dipantau, karena terdapat menu pilihan lokasi kamera, misalnya Tol Cipularang, Tol Jagorawi, ruas tol Gempol-Pasuruan, dan sebagainya.

Setelah lokasi kamera tersebut dipilih, akan muncul kamera pemantau secara real time dilengkapi peta traffic-nya.

Selain itu, terdapat lokasi CCTV terdekat ketika pengguna memilih salah satu lokasi di sepanjang jalan tol tersebut.

5. Situs infomudik.go.id

Situs milik pemerintah ini menyajikan menu-menu penting seperti jalur tol, informasi titik pengisian bahan bakar, dan lainnya.

Terdapat pula menu mencari lokasi kuliner di daerah tertentu dan informasi wisata favorit di jalur mudik.

Tips-tips mudik menggunakan berbagai moda transportasi juga disediakan di situs ini.

Tak hanya itu, terdapat pula menu bernama 'Pojok Anak' yang dapat dimanfaatkan mengunduh dongeng-dongeng nusantara.

Komentar

Embed Widget
x