Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 05:04 WIB

Tabrakan Bintang Neutron Hasilkan Emas & Platinum

Senin, 27 Mei 2019 | 21:21 WIB
Tabrakan Bintang Neutron Hasilkan Emas & Platinum
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Sebuah penelitian terbaru mengungkap tabrakan dahsyat antara dua bintang neutron sekitar 4,6 miliar tahun lalu menjadi cikal bakal munculnya logam di Bumi, termasuk di antaranya emas dan platinum.

Saat kedua bintang tersebut mengalami benturan, ledakan menghujani Tata Surya yang belum terbentuk dan masih berupa awan dan gas dengan unsur-unsur berat.

Para ilmuwan dari Columbia University dan University of Florida, AS, mengatakan bahwa tabrakan hebat itu menghasilkan sebanyak 0,3 persen logam termasuk emas, platinum, uranium beserta unsur-unsur berat lainnya

Temuan ini juga sekaligus memberikan pandangan baru, karena selama ini teori yang mengemuka berpendapat jika unsur-unsur berat berasal dari ledakan supernova. Jadi bisa dikatakan jika penelitian ini merupakan yang pertama mempertimbangkan penggabungan bintang neutron kuno dapat menciptakan sebuah planet yang berisi logam mulia.

Para ilmuwan menguji teori mereka dengan melakukan pengamatan secara langsung. Mereka juga menggunakan perhitungan matematis dengan cara membandingkan unsur-unsur radioaktif yang tersimpan dalam meteroit kuno.

Dengan mengukur berapa banyak elemen dalam meteroit yang rusak, para ilmuwan itu dapat menghitung kapan tabrakan bintang neutron yang menyebabkan terbentuknya elemen-elemen berat itu terjadi. Hasilnya 4,6 miliar tahun yang lalu.

"Apa yang telah kita temukan begitu luar biasa dan begitu berarti bagi masa depan. Ini adalah pencarian dasar kemanusiaan: Dari mana kita berasal dan ke mana kita akan pergi," kata Szabolcs Marka PhD, tim ilmuwan dari Columbia University.

Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Nature.

Komentar

Embed Widget
x