Find and Follow Us

Kamis, 20 Juni 2019 | 22:43 WIB

IGTV Kini Bisa Tampilkan Video Horizontal

Senin, 27 Mei 2019 | 13:13 WIB
IGTV Kini Bisa Tampilkan Video Horizontal
(theverge.com)

INILAHCOM, San Francisco - Selama ini, fitur IGTV di Instagram hanya mendukung pemutaran video dalam orientasi portrait atau vertikal karena memang menjadi fokus utamanya saat sejak diluncurkan tahun lalu.

Namun, kini keterbatasan tersebut sudah berubah. Melalui sebuah postingan di blog resminya, Instagram mengumumkan bahwa IGTV kini mendukung video dengan orientasi landscape atau horizontal.

"Kami menyadari bahwa ini adalah sebuah evolusi dari awal mula IGTV. Kami percaya sudah membuat keputusan yang benar untuk penonton dan kreator," tulis Instagram, seperti dikutip oleh The Verge.

Sebelumnya, menurut beberapa kreator, format video vertikal membuat mereka harus melakukan dua kali kerja jika ingin mempromosikan video secara lintas platform dari YouTube ke IGTV. Sebab, video yang sudah mereka unggah ke YouTube harus diedit dulu agar sesuai dengan format IGTV.

Cara lain, mereka harus merekam video dengan format yang berbeda dengan YouTube untuk dipajang di IGTV.

Sayangnya, kerja keras ini minim hasil. Sebab jumlah penonton di IGTV masih jauh di bawah YouTube atau Instagram Story.

Setahun setelah dirilis, IGTV memang belum sesukses Instagram Story, mungkin karena lokasinya yang awalnya dipisah dengan beranda.

Instagram pun lantas berbenah dengan menyelipkan preview IGTV ke linimasa untuk menjaring lebih banyak penonton.

Instagram menyamakan perubahan di IGTV ini dengan perubahan ketentuan posting foto persegi pada 2015 lalu. Saat pertama kali hadir pada tahun 2010, Instagram hanya mendukung format foto persegi 1x1 atau resolusi 640 x 640 piksel.

Format itu ditingkatkan pada 2015 dengan resolusi 1080 x 1080 piksel, sehingga video atau foto landscape tidak akan terpotong.

Komentar

x