Find and Follow Us

Rabu, 21 Agustus 2019 | 14:49 WIB

Tak Cuma Murah, Ini Sederet Hal Baru di Realme C2

Oleh : Ibnu Naufal | Minggu, 26 Mei 2019 | 09:09 WIB
Tak Cuma Murah, Ini Sederet Hal Baru di Realme C2

REALME kembali menghadirkan sebuah ponsel pintar pengisi lini paling bawah yakni Realme C2. Ponsel tersebut memgandalkan layar berukuran besar dan baterai yang berukuran besar, seperti yang tertulis dalam website resmi realme Indonesia.

Harga yang dipatok masih terjangkau seperti pendahulunya. Kali ini tersedia dalam dua pilihan kapasitas memori, untuk versi RAM 2GB dan memori internal 16GB dijual dengan harga Rp1.499.000. Untuk versi RAM 3GB dan memori internal 32GB dijual dengan harga Rp1.699.000.

Langsung saja kita bahas dalam review di bawah ini apakah harga yang dipatok itu sesuai dengan performa yang disajikan.

Desain kekinian

Meski mengedepankan keunggulan di layar dan baterai besar, namun menurut kami segi desain adalah pembeda yang paling mencolok Realme C2 dengan para kompetitor.

Saat ini, tren desain ponsel mengarah ke kilau-kilau dan permainan warna baik yang menggunakan material plastik maupun kaca.

Realme mengambil langkah berbeda namun tetap mempertahankan desain yang trendi. Permukaan doff pada bodi polikarbonat dipilih untuk bodi C2. Ya masih plastik, namun saat digenggam terasa bahwa kualitasnya baik dan kokoh.

Yang membuatnya semakin trendi adalah pola potongan berlian yang menghiasi bagian belakang. Pola ini merupakan pola tiga dimensi sehingga terasa seperti permukaan piringan hitam.

Tersedia dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan biru terang, bodinya juga memiliki kilau temaram.

Jadi bukan pewarnaan sederhana, tapi terlihat partikel-partikel kilau yang tidak berlebihan sehingga seperti permukaan mutiara.

Urusan bagian muka, Realme C2 tampil lebih mainstream. Ini terbukti dari penggunaan poni dewdrop atau layaknya tetesan air di bagian tengah atas.

Ukuran layarnya 6,1 inci dengan resolusi HD+. Dengan rasio ke bodi nyaris mencapai 90 persen, maka Realme C2 terasa nyaman saat digenggam dengan satu tangan. Ringkas, mudah dimasukkan ke dalam saku.

Baterai tahan lama

Dapat tahan seharian. Bahkan lebih jika hanya digunakan sesekali. Baterai yang dipasangkan ke ponsel ini berkapasitas 4000mAh.

Ukuran yang besar dan mumpuni untuk sekarang ini. Meski tidak dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat, namun pengisian dayanya masih wajar. Dengan aksesori charge bawaan yang dicolok ke port berjenis microUSB, baterai akan terisi penuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Performa mumpuni dan efisien

Keunggulan baterai yang tahan lama, mendapat sumbangsih dari sektor chipset yang digunakan. Realme C2 dipasangkan dapur pacu octa-core dari MediaTek. Jenisnya Helio P22 yang difabrikasi dengan arsitektur 12nm.

Sebagai informasi, semakin kecil ukurannya akan berujung ke penyedotan daya yang lebih sedikit.

Saat dicoba dalam menelusuri antarmukanya, yang menggunakan Color OS 6.0 berbasis Android Pie, tidak ada lag yang muncul.

Untuk memainkan game yang cukup berat seperti PUBG juga masih sanggup, meski grafiknya tidak bisa tinggi-tinggi. Wajar bagi sebuah ponsel pintar dengan harga jual di bawah 2 juta.

Dual camera

Ponsel sejutaan dengan konfigurasi dual merupakan sebuah keistimewaan. Seperti di Realme C2 ini terdapat kamera belakang dengan resolusi 13MP dan 2MP.

Resolusi yang lebih kecil merupakan sensor pengukur kedalaman. Utamanya berguna untuk hasilkan efek bokeh. Fokusnya terbilang cepat, ini karena adanya teknologi fokus PDAF.

Dalam lingkungan rendah cahaya kamera juga cukup baik menghasilkan foto. Ini berkat besaran aperture F/2.2.

Meski tidak ada mode Nightscape seperti Realme 3 dan Realme 3 Pro, setidaknya ada mode Chroma Boost di sini. Sebuah mode yang bisa hasilkan foto dengan kontras warna lebih tinggi dan detail yang lebih baik.

Sisi kamera depan masih mumpuni dengan adanya kamera beresolusi 5MP meski tanpa fokus otomatis.

Istimewanya, ada fitur perekaman video gerak lambat. Jika tanpa menggunakan mode tersebut kamera belakang mampu melakukan perekaman hingga 1080p, sedangkan jika menggunakan mode Slo-mo resolusi maksimalnya hanya terbatas pada 480p saja.

Meski begitu, merupakan sebuah tambahan manis ada mode seperti ini di ponsel sejutaan.

Kesimpulan

Realme C2 hadir sebagai pesaing yang solid di pasar ponsel kelas pemula atau di bawah Rp2 juta. Dengan bodi yang tampil beda, ponsel tersebut hadir sebagai penyegaran desain ponsel yang kini semakin seragam.

Belum lagi kombinasi performa yang cukup mumpuni dan seimbang dengan daya tahan baterai yang tergolong tahan lama.

Semuanya menjadikan Realme C2 menjadi juara di kelasnya. Setidaknya untuk saat ini, sebelum disalip dengan kompetitor yang tidak akan tinggal diam.

Baca juga: Ribuan Realme C2 Ludes Habis dalam Hitungan Menit

Komentar

x