Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 10:08 WIB

Rombak Algoritma Linimasa

Facebook Kini Utamakan Kabar Teman Dekat

Senin, 20 Mei 2019 | 13:13 WIB
Facebook Kini Utamakan Kabar Teman Dekat
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Menlo Park - Facebook kembali merombak algoritma news feed atau linimasa mereka. Kali ini, raksasa jejaring sosial itu memprioritaskan dua hal, yakni dari orang-orang dekat dan tautan yang dirasa penting bagi pengguna.

Perubahan ini tak lain dilakukan untuk membuat linimasa Facebook menjadi lebih personal.

"Kami mengumukan dua pembaruan teratas berdasarkan survei, pertama memprioritaskan teman yang ingin didengar kabarnya, dan tautan yang mungkin dianggap penting oleh pengguna," tulis Facebook dalam blog resmi mereka.

Facebook meminta pengguna mereka untuk menyusun daftar teman yang mereka anggap dekat. Mereka akan menganalisis pola komunikasi, misalnya berada dalam foto yang sama atau sering memberikan komentar atau reaksi di unggahan.

Facebook akan melatih algoritmanya berdasarkan pola komunikasi tersebut untuk memprediksi siapa saja yang dekat dengan pemilik akun dan akan muncul di linimasa.

Pemilik akun akan melihat unggahan dari orang-orang terdekat di laman teratas linimasa, namun, tidak berarti mereka sama sekali tak bisa melihat unggahan dari teman-teman lain yang tidak masuk ke daftar teman dekat mereka.

Algoritme serupa juga digunakan untuk menentukan unggahan atau tautan apa yang relevan dengan pemilik akun.

Facebook memang sempat dibanjiri kritik dari penggunanya. Jejaring sosial ini dinilai lebih memprioritaskan konten dari laman dan brand ketimbang teman-teman dunia maya yang mereka pedulikan.

Survei internal Facebook kabarnya telah dilakukan April lalu. Kemudian hasilnya baru diimplemetasikan ke dalam algoritma linimasa mulai sekarang.

Komentar

Embed Widget
x