Find and Follow Us

Rabu, 21 Agustus 2019 | 14:53 WIB

Vivo V15 vs Realme 3 Pro, Mana yang Lebih Unggul?

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 18 Mei 2019 | 05:06 WIB
Vivo V15 vs Realme 3 Pro, Mana yang Lebih Unggul?
(Foto: inilahcom)

VIVO V15 sudah beredar dalam beberapa bulan untuk mengisi pangsa pasar kelas mid-end. Tak mau kalah, Realme pun memiliki jagoan baru di segmen yang sama, yakni Realme 3 Pro.

Keduanya memiliki kemiripan spesifikasi bahkan desain satu sama lain. Yang pasti keduanya sudah memenuhi syarat sebagai smartphone kekinian.

Oleh karena itu, tampaknya cukup seru untuk membandingkan keduanya dari beberapa sudut pandang.

Baca Juga: (review) Vivo V15: Sebuah Inovasi Kamera Selfie

Baca Juga: (review) Realme 3 Pro: Juara Baru Smartphone di Kelasnya

INILAHCOM pun mencoba menjabarkan produk mana yang paling memikat. Berikut ulasannya:

- Desain

Tidak sama persis tapi keduanya sepaham. Ya, keduanya baik Realme 3 Pro dan Vivo V15 mengusung desain mengilap dengan corak warna gradasi. Dua warna menjadi penghias di bagian belakang kedua ponsel.

Namun Realme 3 Pro tampil lebih kreatif dengan keberadaan pola garis-garis sedikit melengkung yang seakan memisahkan percampuran dua warna. Sedangkan Vivo V15 tampil lebih sederhana dengan gradasi standar tanpa motif khusus.

Untuk material keduanya sama-sama menggunakan polikarbonat. Di satu sisi tetap menjaga bobot agar ringan, namun sisi lain mudah baret.

Untungnya keduanya dibekali aksesori case pelindung di dalam boks. Berjenis transparan, jadi meski menggunakan case tidak menutup kemilau bodi belakang keduanya.

- Layar

Dari depan, Vivo V15 tampil lebih polos, sedangkan Realme 3 Pro hadir mengikuti tren dengan poni berbentuk tetesan air.

Kamera depan di Vivo V15 menjadi ciri khas, karena dapat bersembunyi ketika tidak digunakan. Karenanya, ukuran inci di Vivo V15 lebih luas dengan 6,53 berbanding 6,3 inci di Realme 3 Pro.

Tapi jika berbicara resolusi, keduanya sama berada di 1080 x 2340 piksel. Rasionya juga sama dengan 19,5:9. Berujung pada kerapatan yang lebih baik di Realme 3 Pro. Untuk pelindungnya juga sama-sama dipasang Corning Gorilla Glass 5.

- Kamera

Sempat disinggung di atas bahwa kamera depan Vivo V15 menjadi sorotan karena desain mekaniknya yang bisa naik turun alias pop-up. Maka tidak mengherankan jika untuk kamera depannya dipasangkan resolusi 32MP.

Sebagai pembanding Realme 3 Pro memiliki resolusi kamera yang tidak kalah tinggi dengan 25MP. Keduanya sama-sama dimotori dengan software beauty yang menjamin hasil selfie lebih baik namun tetap natural.

Untuk urusan kamera belakang, Realme 3 Pro memiliki dua kamera (16MP+5MP). Sedangkan Vivo V15 punya tiga kamera dengan tambahan kamera lensa lebar (24MP+8MP+5MP).

Meski hanya dua kamera, namun untuk urusan gelap, Realme 3 Pro lebih bersinar berkat bantuan software AI.

Melalui mode bernama Nightscape, para penggunanya dapat dengan mudah menghasilkan foto yang terang, jernih, dan detail saat memoto di malam hari.

Vivo V15 di sisi lain boleh berbangga dengan tambahan kamera ketiga yang berupa kamera lensa lebar untuk cakupan area foto yang lebih luas. Tapi perlu diingat bahwa resolusinya 8MP saja, tidak sama dengan modul utamanya.

Untuk urusan perekaman video, kembali Realme 3 Pro bersinar berkat dukungan perekaman video slow-motion hingga 960fps. Suatu fitur untuk hasilkan video dramatis, yang absen di Vivo V15.

Hasil kamera :

Depan

- Baterai

Hanya selisih tipis, Vivo V15 datang dengan kapasitas baterai 4000mAh. Realme lebih tinggi sedikit sekali dengan 4045mAh.

Dalam kondisi nyata selisih tersebut tiada artinya. Tapi Realme 3 Pro berani menaruh sebuah fitur yang selama ini ekslusif berada di ponsel kelas atas. Apalagi jika bukan VOOC 3.0 khas OPPO, yang memang merupakan perusahaan induk Realme.

Meski sama-sama mendukung fast charge, tapi dengan VOOC 3.0 maka perangkat dapat terisi penuh dalam waktu sekitar 80 menit saja. Belum lagi kondisi smartphone yang tetap sejuk saat dicas dan dimainkan.

- Kesimpulan

Realme 3 Pro dan Vivo V15 jika dilihat secara keseluruhan memang sebanding dan memiliki keunggulan masing-masing. Tapi, jika bicara urusan fitur unggulan yang lebih berguna, maka Realme 3 Pro sedikit lebih unggul.

Baterai merupakan sektor penting untuk smartphone sekarang ini. Kapasitas besar dan teknologi pengisian cepat dan diklaim aman menjadi solusi yang memikat dalam sebuah smartphone terjangkau.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar

x