Find and Follow Us

Rabu, 18 September 2019 | 06:47 WIB

Tips Maksimalkan Video Slow Motion ala Realme

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 16 Mei 2019 | 01:01 WIB
Tips Maksimalkan Video Slow Motion ala Realme
(Istimewa)
facebook twitter

PESATNYA perkembangan teknologi smartphone, diikuti dengan tren yang beraneka ragam jenisnya. Salah satunya video gerak lambat atau slow motion yang menjadi salah satu tren yang digandrungi dan kini sudah menjadi fitur andalan dari smartphone terbaru Realme 3 Pro.

Dalam praktiknya, pengambilan video gerak lambat tak bisa sembarangan dan diperlukan pemahaman untuk dapat menghasilkan gambar yang lebih dramatis.

Kali ini, Camera Developer of Realme Research & Development Team Chandler Qian memberikan tips membuat video slow motion dengan smartphone, khususnya Realme 3 Pro.

1. Pencahayaan

Cahaya di sekeliling obyek video menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas video slow motion.

Semakin banyak cahaya, semakin terang dan jelas video yang dihasilkan. Namun jika merekam dalam kondisi minim cahaya, hasil video slow motion dipenuhi bintik-bintik atau noise dan obyek menjadi buram.

Sementara di Realme 3 Pro sendiri, video slow motion bisa direkam hingga 960 fps (frame per second). Ringkasnya, ada 960 frame foto yang dihasilkan dalam satu detiknya.

Secara teknis, semakin tinggi angka fps, maka gerak lambat video akan semakin mulus. Namun imbasnya, kamera smartphone memerlukan pencahayaan lebih besar agar bisa menghasilkan video slow motion yang paripurna.

2. Timing yang tepat

Saat akan mengambil gerakan lambat sebuah obyek, pengguna smartphone harus mengetahui dan menentukan momen puncak untuk untuk merekamnya dengan mode slow motion.

"Saat objek bergerak Anda harus mengambil start yang pas karena ada jeda sekitar 3 detik saat pengambilan video," jelas Chandler Qian, di Jakarta, baru-baru ini.

Contohnya, ketika akan merekam seseorang yang sedang melakukan jugling bola, sebaiknya perekaman dilakukan sebelum momen puncak yakni ketika orang itu hendak melempar bolanya. Hasilnya, gerakan lambat akan terjadi saat bola dilempar dari titik terendah hingga titik tertinggi.

3. Fokus

Menentukan titik fokus kamera smartphone melalui indikator diperlukan untuk mendapatkan hasil video slow motion yang prima dan tidak buram atau blur.

Itulah beberapa tips yang diberika untuk membuat video gerak lambat. Cukup diketahui jika teknologi slow motion pada smartphone memang bukanlah hal yang baru lagi meskipun baru ada pada level kelas atas.

Dan Realme berhasil membawa sejumlah fitur yang selama ini hanya ditemukan di kelas atas ke lini-lini produk terjangkau di segmen harga kompetitif.

Realme 3 Pro sendiri merupakan anggota keluarga terbaru. Menawarkan performa ngebut dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon 710, VOOC Flash Charge 3.0 untuk pengisian baterai yang lebih cepat dan aman, serta baterai besar 4045mAh untuk aktivitas yang lebih panjang.

Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Nitro Blue dan Lightning Purple, smartphone ini dijual dengan harga Rp2.999.000 (varian RAM 4GB+ROM 64GB) dan Rp3.699.000 (RAM 6GB+ROM 128GB).

Komentar

x