Find and Follow Us

Selasa, 15 Oktober 2019 | 08:47 WIB

Google Pixel 3a Ternyata Bikinan HTC

Selasa, 14 Mei 2019 | 16:16 WIB
Google Pixel 3a Ternyata Bikinan HTC
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Google baru saja meluncurkan smartphone Pixel 3a dan Pixel 3a XL di gelaran tahunan Google I/O 2019. Duo smartphone yang mengandalkan kamera dan AI itu ternyata bukan buatan Google sendiri, melainkan turut melibatkan HTC.

Pabrikan asal Taiwan itu memang sudah terlibat dalam pembuatan smartphone Google sejak seri Pixel pertama. Untuk Pixel 3a, peranan HTC lebih besar lagi dari sebelumnya.

"Mereka (HTC) memiliki andil besar dan mengerjakannya di Taiwan," ujar Biran Rakowski, Eksekutif Google, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Baca juga: Google Resmi Luncurkan Pixel 3a dan Pixel 3a XL

Menurut Rakowski, HTC bukan hanya merakit atau memproduksi Pixel 3a saja, namun seluruh pengerjaan hardware dan software juga diserahkan kepada HTC sehingga smartphone itu praktis bisa dibilang sebagai bikinan HTC.

"Ini menjadi kali yang pertama mereka (HTC) memimpin dalam perspektif hardware dan software," lanjut dia.

Google sendiri diketahui membeli divisi smartphone HTC dengan nilai US$1,1 miliar (atau setara dengan Rp14,6 triliun) pada 2017 lalu. Melalui akuisisi itu, Google turut mendapatkan lisensi non-eksklusif untuk berbagai kekayaan intelektual HTC.

Baca juga: Google Sebar Iklan Pixel 3a untuk Sindir iPhone X

Komentar

x