Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 13:12 WIB

Awas! Ada Celah Kerentanan Enkripsi di WhatsApp

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 14 Mei 2019 | 13:30 WIB
Awas! Ada Celah Kerentanan Enkripsi di WhatsApp
(ubergizmo.com)

INILAHCOM, San Francisco - Salah satu fitur WhatsApp yang suka dibanggakan perusahaan enkripsi ini yang sering disebut end to end encryption. Ini adalah fitur dimana ketika kita mengetik pesan dan menekan send, tulisan kita dienkripsi, dan yang memiliki kunci untuk membuka enkripsi tersebut hanya kontak yang kita tuju. Namun, tampaknya aplikasi ini memiliki celah kerentanan . Seperti apa?

Menurut laporan dari The Financial Times (paywall), WhatsApp baru-baru ini mengungkapkan kerentanan yang memengaruhi aplikasi di mana kode berbahaya yang dikembangkan oleh perusahaan bernama NSO Group dapat diinjeksi ke dalamnya, menginfeksi pengguna WhatsApp di perangkat iOS dan Android. Kode ini pada dasarnya adalah spyware yang memungkinkan penyerang memata-matai perangkat korbannya.

WhatsApp mengatakan, "Serangan ini memiliki semua keunggulan perusahaan swasta yang dikenal bekerja dengan pemerintah untuk memberikan spyware yang dilaporkan mengambil alih fungsi sistem operasi ponsel. Kami telah memberi pengarahan kepada sejumlah organisasi hak asasi manusia untuk berbagi informasi yang kami bisa, dan bekerja dengan mereka untuk memberi tahu masyarakat sipil."

Tidak jelas berapa banyak perangkat yang mungkin terpengaruh sebagai akibat dari ini, tetapi dengan perusahaan yang memiliki 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia, bahkan 1 persen terlalu banyak.

Untungnya, perusahaan tampaknya telah memperbaikinya dan menyebarkan tambalan kepada pengguna hari ini, jadi pastikan untuk memperbarui WhatsApp Anda jika Anda ingin menghindari risiko terinfeksi oleh spyware ini.

Komentar

Embed Widget
x