Find and Follow Us

Minggu, 16 Juni 2019 | 04:20 WIB

Kendarai Civic Type R, Button Kembali Cetak Rekor

Oleh : Ikhsan | Sabtu, 11 Mei 2019 | 02:30 WIB
Kendarai Civic Type R, Button Kembali Cetak Rekor
(CarAdvice)

INILAHCOM, Sydney - Honda mengukir sejarah di Sirkuit Mount Panorama, Bathurst, New South Wales, Australia, dengan mencatat rekor lap time baru untuk mobil berpenggerak roda depan (FWD).

Dikendarai oleh Jenson Button yang merupakan juara dunia F1 2009, juara Super GT Series 2018, dan juga brand ambassador Honda, Civic Type R yang memiliki spesifikasi standar pabrikan berhasil mencetak waktu 2:35,207 (2 menit 35,207 detik) di salah satu trek terbaik di Negeri Kanguru itu.

Mount Panorama telah dikenal sebagai tempat perhelatan balap motor tahunan Bathrust 1000. Trek ikonik tersebut sangat menantang bagi setiap pengendara, yang sebenarnya adalah sirkuit jalanan karena biasa digunakan sebagai jalan umum selama 350 hari setahun saat tidak ada balapan yang digelar.

Sirkuit ini memiliki panjang 6,213 km dengan 23 tikungan dan selisih 174 meter dari titik terendah hingga tertinggi, serta tingkat kecuraman 1:6 atau lebih dari 16 persen.

Sebelumnya, Button telah memegang rekor lap time di Sirkuit Mount Panorama dengan catatan waktu 1:48,8 menit menggunakan mobil F1 di ajang Australia Grand Prix 2011 silam. Kini, di tempat yang sama, ia kembali dipilih sebagai pembalap yang memecahkan rekor lap time Civic Type R.

Ajang time attack di Bathrust terinspirasi dari kompetisi 'Type R Challenge 2018' dimana tim Honda yang terdiri dari lima pembalap masing-masing memecahkan rekor lap time menggunakan Civic Type R berspesifikasi standar pada berbagai trek legendaris Eropa.

Rekor tersebut memecahkan rekor kecepatan yang sebelumnya dipegang oleh Civic Type R generasi terdahulu.

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-50, Honda Australia mengangkat konsep serupa untuk membuktikan performa Civic Type R di sirkuit balap. Ini adalah pertama kalinya 'Type R Challenge' diadakan di luar wilayah Eropa dan Mount Panorama adalah salah satu trek yang dinilai cocok untuk menguji kemampuan generasi terbaru Civic Type R.

Button dipilih sebagai salah satu dari lima pembalap yang sebelumnya mengikuti 'Type R Challenge 2018' di Eropa, dengan mencetak lap time 2:10,19 menit di Sirkuit Hungaroring Grand Prix di Hungaria.

Ia telah memecahkan rekor dari lap time sebelumnya di lokasi yang sama saat ia memenangkan kejuaraan F1 Grand Prix pertamanya bersama tim Honda pada tahun 2006.

"Sirkuit Mount Panorama memiliki keunikan sebagai salah satu sirkuit balap Australia, sehingga menjadi suatu keistimewaan bagi tim Honda Australia untuk mengikuti tantangan time attack di sirkuit ini bersama Civic Type R, terutama dengan Jenson Button di balik kemudi," ujar Stephen Collins, Direktur Honda Australia.

Honda Civic Type R mencatatkan sejarah di kancah otomotif Australia pada tahun 2018 sebagai mobil pertama yang memenangkan dua penghargaan sekaligus, yakni penghargaan Performance Car of the Year dan Bang for Your Bucks dari MOTOR Magazine.

Penghargaan itu diperoleh setelah Civic Type R berhasil mencatat lap time baru di Sirkuit Winton Motor Raceway.

Catatan waktu 2:35,207 yang diperoleh Button dengan Civic Type R di Sirkuit Mount Panorama dicapai melalui lap sebanyak 14 kali dalam sesi sepanjang satu jam di pagi hari, serta sesi sepanjang 10 menit di sore hari.

Dengan mengandalkan pengalaman balapnya selama 17 tahun di 306 ajang balap, Button dapat melibas trek sulit di Bathrust tanpa hambatan berarti.

"Saat mencapai puncak, Civic Type R dapat melaju dengan sangat cepat sehingga rasanya sangat menyenangkan ketika saya sudah terbiasa dengan ritme dan pengendalian kecepatannya. Catatan waktu 2 menit 35 detik adalah pencapaian yang sangat baik untuk mobil berpenggerak roda depan, bahkan dalam cuaca panas," ujar Button.

"Saya pikir apabila cuacanya dingin maka mobil ini dapat sedikit lebih kencang, tetapi saat ini saya sudah mendapatkan semua yang saya butuhkan dalam sebuah mobil. Civic Type R adalah mobil yang sempurna untuk mengikuti tantangan time attack, dan sebagai mobil dengan standar produksi massal, tentu pencapaian 2 menit 35 detik sangat fantastis," imbuhnya.

Generasi terbaru Honda Civic Type R telah didesain untuk memberikan pengalaman berkendara yang mengesankan di segmen hot hatch.

Mobil tersebut mempertahankan ciri khas Honda sebagai mobil hot hatch berperforma tinggi, mengombinasikan sasis penggerak roda depan yang dinamis dengan desain yang agresif dan aerodinamis.

Komentar

x