Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 12:05 WIB

Review Produk

Realme 3 Pro: Juara Baru Smartphone di Kelasnya

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 8 Mei 2019 | 13:30 WIB
Realme 3 Pro: Juara Baru Smartphone di Kelasnya
(inilahcom)

SUKSES dengan debut perdananya di Indonesia yaitu Realme 2 dan Realme 2 Pro, kini Realme siap kembali bersaing di pasar smartphone menengah yang kian hari kian ramai dan sangat bersaing.

Melengkapi seri Realme 3 yang lebih dulu meluncur, kini Realme 3 Pro hadir dengan menjanjikan spesifikasi menawan dan harga yang sangat terjangkau yang mungkin akan kembali fenomenal seperti debut awal mereka.

Smartphone terbaru Realme ini disebut membawa peningkatan yang cukup signfikan dibandingkan generasi sebelumnya, terutama untuk urusan performa, kamera dan baterai.

Realme 3 di gadang-gadang akan jadi smartphone kelas flagship terbaik untuk para milenial.

Tentu kita semua penasaran seperti apa kemampuan sesungguhnya dari Realme 3 Pro.

Seperti yang sudah disebutkan, Realme 3 Pro adalah suksesor untuk Realme 2 Pro dalam hal desain dan keunggulan fiturnya. Meskipun menampilkan tampilan dewdrop yang serupa, sekarang handset ini mendapat opsi warna gradien di bagian belakang.

Realme 3 Pro juga mempromosikan chipset Snapdragon 710 yang didukung untuk menjalankan game Fortnite, baterai besar 4045mAh, dan kamera unggulan, semuanya dengan harga yang sangat kompetitif yaitu Rp3 jutaan.

Setelah menghabiskan kurang lebih sepekan dengan perangkat ini, berikut ulasan INILAHCOM tentang Realme 3 Pro.

Desain

Dari tampak depan Realme 3 Pro terlihat mirip dengan Realme 2 Pro yang masih hadir dengan tampilan dewdrop yang cukup akrab, tetapi meski sedikit serupa pembaruan terdapat pada perlindungan 2,5D Gorilla Glass 5.

Panel polikarbonat 3D di belakang secara ergonomis meningkatkan kelancaran desain sambil menawarkan rasa di tangan yang lebih baik.

Rasanya terlihat lebih premium daripada vendor smartphone pesaing yang menggunakan bodi kaca, tetapi lebih nyaman untuk digenggam.

Meski berbahan plastik akan melekat bekas sidik jari, noda dan akhirnya tergores, tetapi sisi positif dari penggunaan plastik adalah bahwa perangkat ini cukup ringan dan mudah dipegang hanya dengan bobot 172 gram.

Realme memperkenalkan beberapa warna gradien dengan Realme 3, dan melanjutkan tren itu dengan model Pro.

Realme 3 Pro ditawarkan dalam warna gradien Nitro Blue dan Lightning Purple. Unit yang kami uji adalah Nitro Blue yang menawarkan kombinasi warna biru dan ungu yang menarik yang merupakan perpaduan yang sangat cocok satu sama lain.

Melihat lebih dekat pada panel akan terlihat garis melengkung yang terinspirasi oleh trek balap sesuai dengan tagline 'Kecepatan Ngebut', Realme 3 Pro memiliki desain efek dan pola cahaya baru, dikombinasikan dengan warna bergradasi miring, menghadirkan efek visual yang lebih beragam dan lebih berlapis membuat keseluruhan tampilan cukup menarik.

Sensor sidik jari terletak dengan baik sehingga jari telunjuk Anda mencapainya dengan mudah. Sensor dan pengaturan dua kamera memiliki aksen perak, yang menambahkan sentuhan premium untuk itu.

Paket penjualan

Rangkanya adalah logam padat, yang membuat Realme 3 Pro terasa kokoh dan kuat. Tombol daya di slide kanan dan tombol volume di sebelah kiri juga terletak di dekat tengah, yang membuatnya mudah dijangkau.

Bagian bawah terdapat jack headphone 3,5mm, port microUSB, dan grille speaker tunggal.

Walaupun melihat microUSB sedikit mengecewakan Anda, terutama karena pesaing sudah hadir dengan port Tipe-C, Realme telah menebusnya dengan menawarkan dukungan pengisian cepat VOOC, yang akan kami bicarakan nanti sedikit lebih rinci.

Untuk lebih detil mengungkap isi paket penjualan kami telah membuat videonya berikut ini:

Tampilan Layar

Realme 3 Pro mendapatkan tampilan yang mirip dengan Realme 2 Pro. Ini menampilkan layar dewdrop 6,3 inci dengan resolusi FHD + (2340x1080) dan rasio layar tinggi lebih dari 90 persen.

Notch dewdrop di bagian atas rasanya sedikit mengganggu karena kurva datar dalam. Bezel di bagian atas dan samping cukup tipis, sementara dagu sedikit lebih tebal. Secara keseluruhan, Anda mendapatkan tampilan layar penuh, yang terlihat cukup bagus.

Realme menggunakan panel yang menarik serta menawarkan warna yang mencolok dan banyak saturasi. Ini adalah tampilan yang hidup dengan tingkat kecerahan yang sangat bagus dan sudut pandang yang tajam.

Bahkan pada tingkat kecerahan rata-rata hingga di bawah rata-rata, layar dapat terbaca di siang hari.

jadi kesimpulannya, Realme 3 Pro menawarkan layar yang cerah dengan warna-warna cerah dan sudut pandang yang baik.

Kinerja dan Performa

Realme menekankan kecepatan dengan Realme 3 Pro dan oleh karena itu Realme 3 Pro menyuguhkan kecepatan 2.2GHz octa-core Snapdragon 710 berdasarkan proses 10nm.

Untuk mengingat kembali, Realme 2 Pro ditenagai oleh Snapdragon 660 SoC, sehingga chipset Snapdragon 710 pada Realme 3 Pro adalah upgrade yang cukup mengesankan.

Snapdragon 710 dilengkapi dengan GPU Adreno 616, yang memberikan kinerja grafis yang sangat halus dan menawarkan performa pemrosesan gambar dan pengalaman gaming terbaik di antara kompetitor dalam kisaran harga yang sama.

Realme 3 Pro hadir dalam RAM 4GB atau 6GB dan penyimpanan internal hingga 128GB, yang dapat diperluas melalui kartu microSD hingga 256GB.

Model RAM 6GB yang kami terima mengelola aplikasi ringan agar tetap berjalan di latar untuk waktu yang lama sehingga beralih di antara aplikasi tidak akan menjadi masalah.

Namun, fitur game Space yang dimiliki oleh ponsel Realme memiliki kecenderungan untuk memuat memori untuk menawarkan pengalaman bermain game yang lebih lancar.

Ini artinya Anda tidak akan bisa menjalankan dua game berat seperti katakanlah PUBG dan Asphalt 9 berjalan di latar untuk waktu yang lama.

Ketika masuk ke kinerja game, Realme 3 Pro sangatlah 'gahar' melahap berbagai game berat. Puncaknya adalah bahwa chipset yang dimiliki mendukung Fortnite, jadi kami memutuskan untuk mengunduh file apk.

Penulis sendiri bukan tipikal yang mengandrungi game Fortnite, tetapi jelas saat diuji bahwa Realme 3 Pro dapat menjalankan permainan ini dengan lancar.

Untuk ide yang lebih baik tentang kinerja gaming, penulis lebih menyukai ke PUBG, yang berjalan pada grafis tinggi sebagai default.

Realme 3 Pro dengan mudah menangani sesi PUBG 30 menit tanpa jeda atau lag yang nyata. Frame rate secara konsisten mulus dan telepon nyaris tidak hangat setelah seluruh sesi.

Realme 3 Pro benar-benar adalah salah satu smartphone terbaik untuk bermain game di segmen harga ini.

Realme 3 Pro hadir dengan ColorOS 6 berbasis Android 9 Pie. Anda akan disambut dengan UI yang cukup ramai dengan banyak aplikasi yang dimuat sebelumnya seperti Babe, Tiktok, Webnovel, Bacaplus, Lazada, Browser UC, browser Opera dan sebagainya.

Sebagian besar aplikasi ini dapat dihapus instalasinya jika Anda menginginkan antarmuka yang lebih bersih. Ada laci aplikasi dan ikon aplikasi itu sendiri kecil dan berwarna-warni.

Setelah beberapa settingan sedikit ColorOS 6 menjadi lebih mudah digunakan.

UI responsif dan tajam. Menu pengaturan cepat drop-down memiliki tombol persegi besar dan pemberitahuan dapat dihapus. Menggesekkan tepat di layar beranda akan membawa Anda Asisten Cerdas di mana Anda akan menemukan kartu untuk cuaca, kalender, aplikasi cepat, pelacak simpanan dan sebagainya.

Sedangkan untuk kinerja sensor sidik jari belakang dan face unlock, kedua opsi biometrik sangat tajam dan sebagian besar akurat. Kualitas suara di sisi dengar jelas dan keras, tetapi hal yang sama tidak bisa dikatakan tentang pengeras suara di bagian bawah.

Kamera

Kamera pada Realme 3 Pro serba guna dan bekerja dengan baik di sebagian besar kondisi pencahayaan, tetapi fotografi dengan pencahayaan rendah harusnya bisa lebih baik.

Realme belum bergabung dengan para vendor yang menggunakan kamera 48MP , tapi itu tidak menghentikan perusahaan sub-brand OPPO ini tetap menjadi ambisius.

Realme menggunakan sensor utama Sony IMX519 16MP f/1.7 yang sama dengan yang ditemukan pada OPPO Find X untuk Realme 3 Pro. Ini adalah strategi yang cukup efektif karena Realme 3 Pro memang menawarkan beberapa kamera mengesankan untuk harganya.

Peningkatan menyeluruh untuk spesifikasi kamera Realme 3 Pro. Kamera belakang menggunakan sensor gambar Sony IMX 519 dan menyediakan fungsi perekaman video super lambat 960fps pertama di antara kompetitor dalam kisaran harga yang sama.

Mode Super Nightscape dan Chroma Boost yang dioptimalkan lebih lanjut memberikan lompatan besar dalam kualitas gambar, dan mode expert Ultra HD yang baru menghasilkan gambar super 64MP.

Realme 3 Pro juga menawarkan kamera bokeh 5MP sekunder di belakang dan kamera depan 25MP f/2.0. Mode kamera termasuk Nightscape, Boost Chroma, video Super slo-mo, mode Portrait, Expert, Time-Lapse, dan lainnya.

Sebagian besar mode ini dapat ditemukan dengan mengetuk ikon di kiri bawah aplikasi kamera. Pengenalan adegan AI diaktifkan secara default dan melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam mengenali banyak adegan seperti makro, makanan, dan di dalam ruangan.

Anda dapat menonaktifkannya di pengaturan kamera jika Anda bukan penggemar.

Kamera depan 25MP mengambil gambar yang lebih khas; kamera depan lebih baik dalam menampilkan detail ketika mengambil gambar potret dalam cahaya redup berkat fitur sintesis 4-in-1 pikselnya yang cerdas.

Algoritma kecantikan AI dan fitur optimisasi warna kulit mode potret, didukung oleh teknologi canggih, adalah pasangan yang lebih baik untuk ekspresi yang dipersonalisasi untuk para milenial


Hasil Kamera

- Auto

- Portrait

- Nightscape


- Kamera Depan

Baterai

Realme 3 Pro mendapatkan baterai yang mumpuni sesuai dengan untuk embel-embel Pro pada dirinya. Ini memiliki kapasitas 4045mAh, yang 545mAh lebih besar dari baterai di dalam pendahulunya.

Realme sejauh ini membuat kami terkesan dengan daya tahan baterai pada ponsel-ponselnya berkat beberapa optimisasi sistem yang rapi, prosesor hemat daya, dan fitur hemat baterai yang intensif.

Realme 3 Pro bergabung dengan daftar smartphone dengan ketahanan baterai yang mumpuni itu karena juga menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa.

Tetapi yang membuat Realme 3 Pro benar-benar istimewa adalah adanya fitur VOOC 3.0 flash charge, daya pengisian 20W, dan baterai 4045mAh.

Kombinasi ini, dibantu oleh perangkat keras dengan kebutuhan daya sedang dan optimalisasi penggunaan daya cerdas oleh perangkat lunak,semakin memperpanjang usia baterai yang sudah tahan lama dari model Realme sebelumnya.

Realme menyematkan Realme 3 Pro dengan pengisi daya cepat 20W di dalam kotak (lihat video unboxing) yang memungkinkan Anda menghidupkan kembali ponsel dan mengisi daya hingga 100 persen dalam waktu sekitar 70 hingga 80 menit.

Tidak ada banyak ponsel di segmen ini yang dapat membanggakan kecepatan pengisian yang begitu cepat, sehingga pasti memberi Realme 3 Pro keunggulan, dan mungkin juga Anda jadi tidak perlu merisaukan soal ketidakhadiran port USB Type-C dimana smartphone ini masih menggunakan port Micro USB.

Realme 3 Pro dapat membantu Anda menjalani aktivitas seharian penuh dan beberapa hari dengan rata-rata penggunaan di atas rata-rata.

Satu hari reguler yang melibatkan pengiriman pesan, Twitter dan Instagram yang rutin dan beberapa jam streaming video atau game akan memberi konsumen sekitar 60 hingga 70 persen, jadi Anda masih memiliki masa pakai baterai yang baik pada akhir hari itu.

Dengan pengisian daya cepat VOOC, Anda dapat memiliki masa pakai baterai sekitar setengah hari hanya dengan pengisian daya selama 20 menit, yang sangat bagus jika Anda adalah seseorang yang bermobilitas tinggi.

Layakkah membeli Realme 3 Pro?

Sambil menjaga keindahan desain dan tampilan lebih atau kurang mirip dengan pendahulunya, Realme 3 Pro telah ditingkatkan di area yang penting: Chipset, Baterai dan Kamera.

Realme 3 pro benar-benar ponsel serba yang memberikan pengalaman pengguna yang fantastis dengan harga terjangkau. Ini adalah ponsel gaming untuk konsumen yang suka bermain PUBG, Asphalt 9 atau Fortnite.

Selain baterai yang tahan lama, Anda juga mendapatkan pengisian cepat VOOC, yang berarti Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya perangkat.

Kamera-kamera tersebut serba guna dengan menawarkan pemotretan siang hari yang rinci dan jelas, makro yang terlihat bagus, video slow-mo, Nightscape dan selfie yang tajam, di antara hal-hal lainnya.

Realme 3 Pro menawarkan nilai fantastis untuk harga awal yang seharusnya membuat Anda melupakan panel belakang plastik.

Dengan harga yang paling terjangkau yang ditawarkan, cukup layak jika menyebut Realme 3 Pro layak sebagai salah satu pilihan terbaik di rentang kelas harga Rp3 jutaan saat ini sehingga tak berlebihan rasanya bila menyebut Realme 3 Pro menjadi smartphone flagship-nya anak muda.

Kelebihan:
+ Daya tahan baterai sangat baik
+ Performa keseluruhan bagus
+ Desain yang menarik
+ Pengisian daya baterai sangat cepat

Kekurangan:
- Bloatware
- Cover belakang mudah kotor

Komentar

Embed Widget
x