Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 13:15 WIB

NASA Berhasil Deteksi Gempa Pertama di Mars

Sabtu, 27 April 2019 | 06:06 WIB
NASA Berhasil Deteksi Gempa Pertama di Mars
(Foto: nasa)

INILAHCOM, Washington - Robot yang ditempatkan di Mars untuk pertama kalinya berhasil mendeteksi sesuatu yang dianggap sebagai 'marsquake.' Lander NASA InSight telah mendengar suara gemuruh di bawah permukaan sejak Desember.

Menurut tim InSight, lander berhasil mengukur dan merekam sinyal seismik pada 6 April, hari Mars ke-128, menggunakan instrumen Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS). Sebelumnya, sinyal diduga disebabkan oleh aktivitas di atas permukaan seperti angin.

Namun, dugaan marsquake tampaknya berasal dari dalam Mars. Upaya InSight dibangun berdasarkan kerja yang dilakukan oleh para astronot Apollo di Bulan selama akhir 1960-an dan 70-an, yang pertama kali mengungkapkan petunjuk tentang aktivitas seismik dan interior Bulan.

Demikian pula, diharapkan pengukuran seismometer akan membantu meningkatkan pemahaman manusia mengenai kejadian di dalam Mars. Tim mengatakan, peristiwa seismik pertama terlalu kecil untuk mengumpulkan data yang solid di awal.

"Pembacaan pertama InSight meneruskan ilmu yang dimulai dengan misi Apollo NASA. Kami telah mengumpulkan kebisingan latar belakang sampai sekarang, tapi event pertama ini secara resmi memulai bidang baru: Martian seismology," kata InSight Principal Investigator Bruce Banerdt of NASA's Jet Propulsion Laboratory (JPL).

"Event Martian Sol 128 menarik karena ukuran dan durasinya yang lebih lama sesuai dengan profil gempa Bulan yang terdeteksi di permukaan selama misi Apollo," sambung Planetary Science Division director di NASA Headquarters Lori Glaze.

Menurut para ilmuwan, InSight juga mendeteksi sinyal seismik pada 14 Maret (sol 105), 10 April (sol 132), dan 11 April (sol 133). Ini lebih kecil dan, kata NASA, diambil oleh sensor Very Broad Band yang lebih sensitif.

Saat ini, para ilmuwan masih bekerja untuk menentukan penyebabnya. Tapi, event sol 128 yang lebih besar sejauh ini tampak menjanjikan.

"Kami sudah menunggu berbulan-bulan untuk sinyal seperti ini. Sangat menarik untuk akhirnya memiliki bukti Mars masih aktif secara seismik. Kami menantikan untuk berbagi hasil terperinci begitu memiliki kesempatan untuk menganalisisnya," kata pemimpin tim SEIS di Institut de Physique du Globe de Paris (IPGP).

Dalam beberapa hari setelah tiba di Mars pada Desember lalu, lander InSight menangkap suara 'setan debu' Mars. Kejadian itu menandakan pertama kalinya mereka mendengar angin Mars.

Suara gemuruh rendah yang terdeteksi oleh sensor InSight diperkirakan bertiup antara 10 hingga 15 mph dari barat laut ke tenggara. Untuk membuatnya lebih jelas, NASA meningkatkan pitch dua oktaf sehingga terdengar di laptop dan perangkat seluler.

Komentar

Embed Widget
x