Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 06:58 WIB

Samsung Galaxy A20 dan Realme 3, Pilih Mana?

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 24 April 2019 | 19:30 WIB
Samsung Galaxy A20 dan Realme 3, Pilih Mana?
(istimewa)

SAMSUNG sedang semangat-semangatnya dalam menelurkan produk ponsel pintar lini Galaxy A terbaru. Dimulai dengan kombo Galaxy A50 dan Galaxy A30, kini Galaxy A20 dan Galaxy A10 telah hadir juga di pasaran Tanah Air.

Dalam kombo gelombang kedua ini, A20 paling mendapat sorotan karena menjadi ponsel terjangkau dari Samsung yang masih memiliki fitur unggulan seri A.

Meski pemangkasan fitur tidak dapat dihindarkan, setidaknya ponsel ini masih memegang ciri dari generasi Galaxy A terbaru. Contohnya terlihat dari bahasa desain, layar besar, baterai besar, dan kamera yang lebih dari satu di bagian belakang.

Dengan spesifikasi yang sepadan, akan menarik jika Samsung Galaxy A20 dibandingkan dengan Realme 3.

Realme 3 merupakan kuda hitam di kelas ponsel terjangkau, namun dengan spesifikasi dan performa yang mumpuni. Meski sepadan, nyatanya Realme 3 dibanderol dengan harga yang lebih rendah dari A20, yakni Rp1,999 juta berbanding Rp2,299 juta.

Berikut hasil perbandingan keduanya dalam hal desain, layar, kamera, dan baterai.

Desain

Posisi harga jual di angka dua juta, jelas penggunaan polikarbonat dapat dimaklumi. Tapi kedua ponsel mampu mengatasinya dengan tampilan yang berkilau, menampilkan kesan mewah.

Secara dimensi, ketika dipegang keduanya memiliki bentuk yang seukuran. Besar memang jika dipegang hanya dengan satu tangan, wajar karena sejalan dengan ukuran layarnya. Selain itu keduanya juga memiliki kontur belakang yang melengkung sehingga nyaman dalam genggaman.

Realme 3 sedikit lebih unggul dalam masalah tampilan. Ini berkat finishing motif yang reflektif jika terkena pancaran cahaya. Jika dari muka sama-sama saja, saat berpindah ke bagian cover belakang maka akan terlihat efek gradasi dua warna di Realme 3, sesuai dengan varian yang dipilih (Dynamic Black, Radiant Blue). Galaxy A20 masih memiliki finishing metalik standar satu warna saja (Hitam dan Biru).

Layar

Setelah membandingkan tampilan luar, kini masuk ke tampilan layar, sektor yang krusial dalam penilaian bagusnya sebuah ponsel.

Galaxy A20 sedikit lebih unggul di sini karena menggunakan panel layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci rasio 19,5:9, lebih besar dari Realme 3 dengan ukuran layar 6,22 inci rasio 19:9.

Mengapa dikatakan sedikit lebih unggul? Karena meski lebih besar tapi resolusi keduanya sama, di HD+ (720 x 1560 piksel). Juga keduanya memiiki poni yang serupa yakni berbentuk tetesan air.

Panel layar Realme 3 juga sebenarnya tidak kalah performanya, hanya perbedaan karakter mendasar di jenis panel yaitu IPS LCD. Super AMOLED mampu menampilkan tampilan warna layar yang lebih kontras dan hitam yang lebih pekat ketimbang IPS LCD, lebih memanjakan mata. Hanya saja jika bicara jangka panjang dan daya tahan, IPS LCD cenderung lebih baik.

Kamera

Kamera menjadi faktor jualan di kedua ponsel. Tapi nyatanya keduanya tidak memiliki konfigurasi yang sama. Maksudnya, Galaxy A20 memilih memasangkan kamera utama di belakang (13MP) dengan kamera lensa lebar (5MP). Realme 3 memilih berfokus ke konfigurasi telefoto (13MP+2MP).

Pada poin ini sebenarnya keduanya plus minus. Dengan Galaxy A20, pengguna leluasa dalam menangkap area gambar yang lebih luas tanpa harus mundur-mundur. Ini dapat diwujudkan berkat keberadaan lensa lebar yang mampu menangkap area hingga 123 derajat.

Tapi, dengan ketiadaan kamera telefoto, maka saat masuk ke mode bokeh, hasil foto terkihat kurang sempurna. Area buram terkadang menabrak objek utama secara tidak akurat. Apalagi jika pemotretan dilakukan di lingkungan cahaya rendah.

Di satu sisi, Realme 3 tidak memilki kemampuan menangkap area gambar yang luas. Mewajibkan pengguna untuk lebih mundur demi dapat menangkap cakupan area yang diinginkan.

Positifnya hasil gambar dengan mode bokeh terlihat lebih baik. Dengan tambahan kamera kedua, maka kamera akan lebih akurat dalam mengukur dan membagi area mana yang harus diburamkan dan tidak.

Kamera di Realme 3 turut diperkaya oleh kecerdasan buatan (AI) dengan adanya mode Chroma Boost untuk menghasilkan gambar yang optimal seperti rentang dinamis lebih besar dan detail yang lebih tajam.

Mode Nightspace juga membantu penggunanya dalam menangkap keindahan malam hari dalam gambar yang bebas buram, tajam, dan bersih.
Urusan selfie, Realme 3 dapat dikatakan lebih unggul karena memasang kamera depan beresolusi 13MP. Galaxy A20 tidak buruk, hanya saja resolusinya lebih rendah yaitu 8MP.

Baterai

Kedua ponsel sama-sama dibekali baterai tanam 4.000mAh, tapi Realme 3 lebih besar sedikit yaitu 4230mAh. Mungkin tidak signifikan, yang pasti keduanya mampu mentenagai ponsel seharian tanpa cas. Ataupun jika memang penggunaan yang sangat beratdan jarang terjadi, hanya diperlukan sekali cas tambahan saja.

Kesimpulan

Baik Samsung Galaxy A20 dan Realme 3 sama-sama layak untuk dibeli jika Anda memiliki dana di angka dua juta. Masing-masing bisa dikatakan sepadan dalam menyajikan spesifikasi dan performa ke para penggunanya.

Sebagai bonus, layar Realme 3 sudah terpasang anti gores dan case jelly. Dua hal yang absen di Galaxy A20.

Kini hanya tergantung pada preferensi masing-masing. Apakah Anda menginginkan gengsi dari ponsel lahiran brand ternama, atau mencoba pengalaman baru dengan brand baru namun dengan sejumlah nilai tambah dari sisi fitur, tentunya harga yang lebih rendah.

Komentar

Embed Widget
x