Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 18:57 WIB

Kapan Jaringan 5G Akan Tersedia ke Publik?

Oleh : Ibnu Naufal | Senin, 22 April 2019 | 23:15 WIB
Kapan Jaringan 5G Akan Tersedia ke Publik?
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Perkembangan jaringan mobile saat ini mulai memasuki era 5G. Berbeda dengan jaringan 4G, generasi baru ini diklaim bisa mencatat kecepatan hingga 10 kali lebih cepat dari 4G dan latensi yang semakin rendah.

Dua hal ini menjadi salah satu alasan yang membuat pemanfaatan 5G menjadi lebih luas. Tak hanya itu, jika pemanfaatan 4G ada untuk mendorong adopsi ponsel dan akses internet, potensi implementasi 5G justru lebih spesifik dan luas. Lalu bagaimana perjalanan teknologi informasi nirkabeldi dunia?

Portal berita teknologi GSM Arena memprediksi implementasi 5G dengan mengukur melalui grafik dari tahun ketahun dimana ada dari sinyal 2G yakni muncul pada tahun 1991 kemudian jaringan 3G komersial pertama menjadi hidup pada tahun 2001.

Ponsel 3G awal tidak ada yang menggunakan panggilan video dan paket data yang masih terlalu mahal untuk diadopsi secara umum. Namun, popularitas mereka meningkat beberapa tahun.

Dan pada tahun 2007, ponsel yang terhubung dengan 3G menjadi normal. Itu 4 tahun sejak jaringan 3G menjadi tersedia secara luas dan 16 tahun sejak awal era 2G.

Jaringan 4G komersial pertama dikerahkan pada 2009 dan sekali lagi butuh beberapa tahun sampai ponsel yang kompatibel lepas landas. Ini tidak biasa dan itu terjadi dengan 5G juga - perangkat pertama yang terhubung ke jaringan baru adalah komputer yang terpasang ke modem (melalui USB atau yang lebih baru Wi-Fi).

Itu adalah tahun 2013 ketika popularitas ponsel yang mendukung 4G melampaui model 3G. Itu 4 tahun lagi antara jaringan 4G pertama dan ponsel 4G menjadi standar, tetapi hanya 10 tahun sejak jaringan 3G diluncurkan.

Jaringan 5G komersial pertama diluncurkan tahun ini. Beberapa operator mengklaim bahwa mereka meluncurkan 5G sebelumnya, tetapi itu adalah peluncuran skala kecil - lebih untuk pengujian dan publisitas daripada untuk penggunaan umum.

Jadi, jika tren itu berlaku, tidak akan sampai tahun 2023 bahwa rata-rata ponsel memiliki konektivitas 5G. Kedengarannya seperti waktu yang lama, tetapi pertimbangkan bahwa modem baru selalu memiliki masalah gigi.

Untuk waktu yang lama, daya tahan baterai pada jaringan 3G sangat buruk. Modem 4G awal berjalan cukup panas. Laporan awal modem berkemampuan 5G pertama menunjukkan bahwa sejarah akan terulang kembali.

Cakupan adalah masalah lain - kota-kota besar akan mendapatkannya terlebih dahulu, tetapi akan butuh waktu sampai Anda memiliki koneksi 5G yang dapat diandalkan di luar wilayah metropolitan. Yang merupakan cara lain untuk mengatakan bahwa banyak konsumen tidak akan peduli tentang 5G, tidak pada awalnya.

Jadi, 2023 adalah dugaan ketika 5G akan menjadi standar, menggantikan 4G.

Komentar

x