Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 13:31 WIB

Bersama Google Doodle, Rayakan Hari Bumi 2019

Senin, 22 April 2019 | 06:00 WIB
Bersama Google Doodle, Rayakan Hari Bumi 2019
(Google)

INILAHCOM, Jakarta - Google turut merayakan Hari Bumi 2019 dengan menghadirkan animasi menarik pada tampilan doodle di halaman depan mesin pencarinya.

Hari ini, 22 April 2019, lebih dari satu miliar penduduk Bumi berpartisipasi dalam Hari Bumi 2019. Berbagai bangsa dan latar belakang akan menyuarakan aspirasi dan aksi mereka tentang masa depan planet ini.

Tak ketinggalan Google melalui desain kreatif Google Doodle menghadirkan rangkaian animasi menarik. Setidaknya ada enam animasi yang ditampilkan, yang masing-masing menceritakan tentang berbagai spesies yang hidup di udara, bawah tanah, dalam air, dan di darat.

Sekilas tentang Hari Bumi

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang Bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini, yaitu Bumi.

Hari Bumi diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator dari negara bagian Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.

Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Nelson sejak tahun 1969. Saat itu, ia memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas.

Dukungan ini mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970. Saat itu, jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para perusak Bumi. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta manusia turun ke jalan pada 22 April 1970.

Momentum ini kemudian menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali. Kini, Hari Bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Networks).

Komentar

x