Find and Follow Us

Sabtu, 25 Mei 2019 | 10:47 WIB

Apple-Qualcomm Damai, iPhone 5G Bisa Segera Rilis?

Sabtu, 20 April 2019 | 09:09 WIB
Apple-Qualcomm Damai, iPhone 5G Bisa Segera Rilis?
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Kabar gembira mewarnai dunia teknologi. Setelah cukup lama bertikai di pengadilan terkait sengketa hak paten, Apple dan Qualcomm memutuskan untuk berdamai.

Hal tersebut disampaikan oleh Apple dalam blog resminya seperti yang dikutip CNBC.

"Apple dan Qualcomm mengumumkan sebuah kesepakatan untuk mencabut seluruh perkara pengadilan antar dua belah pihak yang terjadi di seluruh dunia," kata Apple.

Belum diketahui secara pasti apa alasan Apple dan Qualcomm memutuskan untuk mengakhiri perseteruan mereka di pengadilan. Namun, kedua raksasa teknologi ini setuju untuk berdamai dan membuat sejumlah perjanjian untuk beberapa tahun ke depan.

Salah satunya, Apple setuju untuk membayar Qualcomm sejumlah uang yang tidak disebutkan untuk apa dan berapa jumlahnya.

Kedua perusahaan pun sepakat untuk bekerja sama dalam waktu enam tahun ke depan, dengan opsi penambahan waktu kerja sama hingga dua tahun berikutnya. Kerja sama itu sendiri terhitung efektif sejak 1 April 2019.

Dalam pengumuman itu, Apple tidak menjelaskan secara detail lisensi apa saja yang bakal diberi Qualcomm yang nantinya bakal mereka gunakan di dalam perangkatnya. Tapi, dalam beberapa tahun ke depan, kedua pihak sepakat bahwa Qualcomm akan memasok chip ke Apple.

Dengan demikian, Qualcomm bisa saja menjadi memasok chip modem 5G, Snapdragon X50 5G, ke Apple demi mewujudkan iPhone dengan dukungan 5G di kemudian hari.

Sebelumnya, akibat perselisihan Apple dan Qualcomm, iPhone 5G diprediksi baru akan hadir pada 2020. Dengan berdamainya kedua perusahaan, maka iPhone 5G bisa jadi bakal tersedia lebih cepat, yakni di sekitar tahun ini.

Komentar

x