Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:47 WIB

Apple Bakal Pakai Chip 5G Qualcomm di iPhone

Kamis, 18 April 2019 | 21:21 WIB
Apple Bakal Pakai Chip 5G Qualcomm di iPhone
(Foto: macrumors)

INILAHCOM, San Francisco - Apple dilaporkan berencana membeli chip modem 5G dari Qualcomm untuk digunakan pada iPhone 2020. Raksasa teknologi ini dikabarkan telah menguji perangkat iPhone dengan chip 5G dari Qualcomm.

Menurut sumber Nikkei, yang dikutip Mac Rumors, Apple akan kembali menggunakan chip modem 5G untuk iPhone 2020. Tapi, Apple tidak bisa menggunakan chip Qualcomm di jajaran iPhone 2019 karena sudah terlambat.

"Sudah terlambat bagi Apple untuk menggunakan chip Qualcomm tahun ini, tapi untuk 2020 Apple akan membeli chip modem, termasuk chip modem 5G dari pembuat chip setelah menyelesaikan kesepakatan. Saat bergerak menuju penyelesaian, Apple mulai menguji chip modem 5G Qualcomm dan meminta beberapa pemasoknya testing produk pembuat chip," kata sumber dengan pengetahuan soal penyelesaian itu.

Qualcomm dan Apple dilaporkan telah melakukan negosiasi selama berminggu-minggu untuk mencapai penyelesaian yang diumumkan hari ini. Dalam keterangannya, Apple mengatakan, kedua perusahaan telah setuju untuk membatalkan semua litigasi dengan perjanjian lisensi enam tahun untuk teknologi Qualcomm.

Apple juga mengatakan, kesepakatan itu termasuk perjanjian pasokan chipset multiyear. Pada awalnya, Apple berencana untuk menggunakan chip Intel di iPhone 2020, tapi laporan menyebutkan Intel tidak bisa menyelesaikan pengembangan tepat waktu.

Untuk peluncuran September, Apple membutuhkan sample chip 5G di tangannya pada pertengahan 2019. Lalu, penyelesaikan chip diharapkan tersedia di awal 2020 dan rumor mengindikasikan Intel kemungkinan tidak mencapai tujuan itu.

Apple di 2018 menggunakan chip Intel secara eksklusif di jajaran iPhone mereka karena pertarungan besar yang terjadi dengan Qualcomm. Tapi, Apple tidak memiliki pilihan lain untuk memastikan peluncuran iPhone 5G pada 2020.

Pembuat smartphone seperti Samsung telah mengeluarkan smartphone 5G pertama mereka tahun ini, yang artinya Apple sudah meluncurkan teknologi 5G di belakang presiden lain. Satu tahun lagi penundaan peluncuran 5G akan menempatkan iPhone jauh di belakang perangkat lain.

Komentar

x