Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 18:42 WIB

NASA Siap Kirim Robot Lebah ke ISS

Kamis, 11 April 2019 | 03:03 WIB
NASA Siap Kirim Robot Lebah ke ISS
(Foto: ist)

INILAHCOM, Houston - NASA siap mengirimkan sepasang robot lebah ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada akhir April mendatang. Proyek ini disebut sebagai salah satu kolaborasi luar angkasa tercanggih antara manusia dan robot.

Bernama Astrobee, robot-robot ini akan menuju ISS bersama sejumlah astronot. Nantinya, Astrobee akan bertugas membantu ilmuwan dan teknisi mengembangkan dan menguji teknologi untuk pemanfaatan di ruang tanpa gravitasi.

Selain itu, Astrobee juga akan membantu astronot untuk melakukan aktivitas rutin mereka. Menurut lembar fakta, robot lebah ini dibekali dengan kipas khusus untuk pergerakan.

Kipas tersebut memungkinkan robot yang dikembangkan dan dibangun oleh Ames Research Center, salah satu pusat riset NASA, ini melayang dan terbang di kondisi minim hingga tanpa gravitasi.

Selain itu, Astrobee juga berbekal lengan robotik kecil untuk menggenggam, serta sejumlah sensor, laser dan alat input, memungkinkan robot ini untuk berinteraksi dengan astronot dan lingkungan ISS.

Robot lebah ini juga berbekal komponen telepresensi menarik, memungkinkan pegawai NASA yang berlokasi di Houston, Texas, akan dapat melontar ke bot mengapung dari tanah. Menurut lembaga antariksa AS ini, memberikan pegawai medium untuk mengawasi dan berinteraksi dengan ISS.

Komentar

Embed Widget
x