Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 18:55 WIB

Samsung Mulai Produksi Massal Komponen 5G

Rabu, 10 April 2019 | 13:30 WIB
Samsung Mulai Produksi Massal Komponen 5G
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah sekitar satu tahun masa pengembangan, kini chip modem 5G dan 5G FR Samsung mulai memasuki proses produksi massal.

Modem itu terdiri dari sejumlah komponen guna mendukung pemanfaatan jaringan konektivitas baru tersebut.

Komponen pendukung 5G yang akan diproduksi Samsung secara massal termasuk modem Exynos 5100, transceiver 5500 RF, dan modulator pemasok Exynos 5800 pendukung 5G New Radio, serta sub-6 GHz spectrum.

Modem Exynos 5100 bukanlah produk baru, namun akhirnya memasuki tahap produksi. Sebagai informasi, modem 5G pertama Samsung ini telah menyelesaikan persiapannya untuk komersialisasi pada bulan Agustus 2018 lalu, dengan keberhasilan pengujian panggilan data 5G-NO Over-The-Air (OTA).

Artinya, modem ini akan tersedia untuk didistribusikan kepada produsen smartphone dalam waktu dekat. Modem ini dapat mendukung seluruh jaringan, yaitu 2G GSM/CDMA, 3G WCDMA, TD-SCDMA, HSPA, dan 4G LTE, dalam satu chip.

Untuk tetap dapat diandalkan dan hemat daya, Samsung menyarankannya didampingi oleh dua komponen baru lainnya. Sementara itu, Exynos RF 5500 memiliki 14 jalur penerima untuk mengunduh, serta mendukung 4x4 MIMO dan 256QAM untuk memaksimalkan kecepatan transfer data.

Exynos RF 5500 juga diklaim Samsung menawarkan fleksibilitas tambahan dalam hal desain smartphone, terutama untuk perangkat mobile premium yang tersedia saat ini. Transceiver FR menjadi perangkat utama untuk memungkinkan smartphone memancarkan dan menerima data melalui jaringan seluler.

Sedangkan Exynos SM5800 menyediakan pasokan daya rendah dengan dukungan hingga bandwith 100MHz ET. Dengan menyesuaikan voltase pasokan menurut sinyal input RF modem, modulator akan dapat menurunkan penghematan daya sebanyak 30 persen.

Sebelumnya, Samsung secara resmi mengumumkan peluncuran Galaxy S10 5G di Korea Selatan pada 5 April lalu. Samsung mengklaim Galaxy S10 versi 5G ini berbeda dengan Galaxy S10 versi 4G, meski mengusung desain serupa.

Sayangnya, Samsung belum mengumumkan harga resmi Galaxy S10 5G di negara asalnya, ataupun informasi terkait dengan ketersediaannya di negara lain selain Korea Selatan.

Komentar

Embed Widget
x