Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 13:45 WIB

Jam Tangan Pintar Google Rilis di Tahun Ini?

Rabu, 10 April 2019 | 10:10 WIB
Jam Tangan Pintar Google Rilis di Tahun Ini?
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Google kabarnya akan merilis Pixel Watch pada 2019 ini. Rumor itu didukung bocoran informasi terbaru yang mengindikasikan Google tengah mengembangkan produk jam tangan pintar atau smartwatch sejak Januari lalu.

Mengutip Phone Arena, pada Januari lalu, Google mengumumkan akuisisi bernilai US$40 juta untuk teknologi smartwatch yang disebutnya sebagai inovatif dan baru bagi pasar, dari produsen jam tangan Fossil.

Informasi terbaru muncul saat U.S. Patent and Trademark Office (USPTO) merilis paten yang disepakati menjadi milik Google. Paten ini mencakup penjepit yang dirancang untuk memungkinkan pengguna mengganti tali jam tangan dengan cepat.

Mekanisme ini memungkinkan Google Pixel Watch menjadi pesaing utama Apple Watch dalam hal pergantian tali jam dengan kurun waktu singkat.

Ilustrasi paten ini juga menampilkan penggunaan magnet di satu mekanisme, sedangkan mekanisme lain menggunakan tombol untuk melepaskan penjepit dari jam tangan.

Paten ini didaftarkan Google pada Q2 2017 lalu, dan produknya diprediksi baru akan diumumkan oleh Google pada Oktober tahun ini.



Pengumuman jam tangan pintar Pixel Watch ini juga diperkirakan akan digelar bersamaan dengan peluncuran smartphone kelas high-end terbaru Google, yaitu Pixel 4 dan Pixel 4 XL, serta hardware baru lainnya.

Pengembangan Pixel Watch disebut sebagai upaya Google dalam mengikuti jejak kepopuleran Apple Watch, termasuk rencana Apple dalam menambahkan fitur kesehatan baru pada perangkat cerdasnya tersebut.

Untuk dapat berkompetisi dengan Apple di pasar smartwatch, Google perlu memanfaatkan fitur yang dianggapnya telah melampaui Apple, yaitu melalui Google Assistant.

Asisten digital ini disebut berbagai pihak sebagai yang terbaik di kelasnya dan lebih baik jika dibandingkan dengan asisten digital karya Apple, Siri. Google juga telah mengintegrasikan Assistant pada Wear OS, sehingga dinilai akan memudahkannya untuk membenamkan kemampuan khusus untuk Assistant pada Pixel Watch.

Sebelumnya pada Januari lalu, induk perusahaan Google yaitu Alphabet, menerima persetujuan dari FDA untuk fitur electrocardiogram (ECG) pada Verily Study Watch. Jam tangan ini akan tersedia dengan resep dari ahli kesehatan dan diperuntukan bagi pengguna dengan penyakit jantung.

Mengingat Verily merupakan organisasi penelitian yang dimiliki Alphabet, fitur pengawas ECG diprediksi akan menjadi fitur bawaan di Wear OS, dan berpeluang untuk juga tersedia pada perangkat Google Pixel Watch.

Fitur serupa telah terlebih dahulu dihadirkan Apple pada Apple Watch seri 4, berbekal fitur pengawas ECG yang bertugas untuk memantau ritme detak jantung tidak normal seperti atrial fibrillasi (AFib).

Kelainan ritme detak jantung ini merupakan kondisi serius yang dapat berakibat pada penyakit stroke, penggumpalan darah dan kematian. Fitur pengawas ECG ini merupakan fitur terobosan yang baru dihadirkan Apple pada model smartwatch terbarunya.

Komentar

x