Find and Follow Us

Sabtu, 25 Mei 2019 | 10:58 WIB

Apple Pekerjakan Mantan Peneliti AI Google

Senin, 8 April 2019 | 17:17 WIB
Apple Pekerjakan Mantan Peneliti AI Google
Ian Goodfellow - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Serius untuk terus mengembangkan kecerdasan buatan (AI), Apple mempekerjakan salah satu peneliti AI terbaik di dunia, yaitu Ian Goodfellow.

Merupakan salah satu peneliti paling ternama di industri AI, Goodfellow pernah bekerja untuk Google sebelum kemudian pindah ke OpenAI yang didanai oleh Elon Musk.

Diketahui, Goodfellow pun telah memperbarui profil LinkedIn miliknya dan menyebutkan bahwa dia bekerja di Apple sebagai Director untuk machine learning di grup Special Project.

Mengutip The Verge, ini bukan kali pertama bagi Apple merekrut mantan pekerja Google. Sebelumnya Apple pernah berhasil menarik mantan atasan Goodfellow, yakni John Giannandrea, pada April lalu. Di Google, Giannandrea bekerja sebagai Head of AI.

AI kini adalah salah satu teknologi kunci. Bagi perusahaan teknologi, menemukan ahli AI untuk bisa menciptakan teknologi baru bukanlah hal yang mudah.

Google identik dengan AI. Namun, Apple juga menggunakan berbagai tipe AI di produknya, mulai dari fotografi hingga pengenalan wajah. Apple juga tengah sibuk untuk mengembangkan software mobil swakemudi, yang sudah pasti membutuhkan banyak ahli AI.

Meski baru berusia 34 tahun, Goodfellow sudah dianggap sebagai ahli AI ternama. Dia dikenal karena menciptakan sistem AI yang dikenal dengan nama Generative Adversial Network (GAN).

Sistem ini terbukti efektif, terutama untuk membuat foto, video, audio, dan teks palsu. Salah satu penggunaan GAN adalah untuk membuat foto dari orang yang sebenarnya tidak ada.

Komentar

x