Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 04:17 WIB

Lenovo Siapkan Smartphone Berkamera 100MP?

Selasa, 2 April 2019 | 08:30 WIB
Lenovo Siapkan Smartphone Berkamera 100MP?
(droidlime)

INILAHCOM, Beijing - Setelah beberapa produsen smartphone menyematkan kamera dengan resolusi 48 megapiksel di produk masing-masing, perlombaan angka ini sepertinya akan terus berlanjut hingga mencapai ratusan megapiksel.

Mengutip Gizmochina, Lenovo kabarnya bakal merilis smartphone dengan kamera 100 megapiksel dalam waktu dekat. Indikasinya diperoleh dari VP Lenovo Group Chang Cheng, yang menyebut bahwa Lenovo Z6 Pro akan memiliki 'semiliar piksel'.

Perkataan Cheng itu ramai diartikan bahwa smartphone anyar Lenovo bakal memiliki kamera 100 megapiksel, meski 'semiliar piksel' sebenarnya adalah 1.000 megapiksel (1 megapiksel = 1 juta piksel).

Lenovo Z6 Pro disinyalir akan meluncur di China awal April ini. Belum diketahui apakah perangkat tersebut akan meneruskan produk sebelumnya, Z5 Pro GT, atau dijual berdampingan sebagai produk yang diposisikan lebih tinggi di pasaran.

Belum banyak yang diketahui terkait Lenovo Z6 Pro. Segelintir rumor menyebutkan bahwa smartphone tersebut akan dibekali chipset Snapdragon 855 dan kapasitas RAM hingga 12GB, selain kamera 100 megapiksel tadi.

Sebelumnya, Qualcomm selaku produsen chipset Snapdragon pernah melontarkan prediksi bahwa smartphone dengan kamera beresolusi hingga 100 megapiksel bakal meluncur pada 2019.

Seorang perwakilan Qualcomm menyebutkan bahwa sebagian chipset Snapdragon sudah mendukung sensor kamera dengan resolusi hingga 192 megapiksel.

Resolusi 100 megapiksel di kamera yang dimaksud itu tampaknya ditujukan untuk teknik pixel binning, yakni menggabungkan empat piksel menjadi satu untuk meningkatkan kualitas foto hasil akhir, terutama dalam kondisi low-light alias minim cahaya.

Hasilnya, resolusi gambar akhir pun terbagi empat, yakni menjadi 25 megapiksel. Hal tersebut seperti cara kerja smartphone berkamera 48 megapiksel saat ini, yang menghasilkan gambar akhir beresolusi 12 megapiksel (didapat dari hasil 48 dibagi 4).

Komentar

Embed Widget
x