Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 13:54 WIB

1,1 Juta Cuitan Twitter Ramaikan Debat Capres

Senin, 1 April 2019 | 08:08 WIB
1,1 Juta Cuitan Twitter Ramaikan Debat Capres
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Warganet menunjukkan reaksi aktif mereka saat menonton Debat Calon Presiden yang disiarkan secara langsung di televisi nasional pada Sabtu (30/3/2019), dengan mencatatkan lebih dari 1,1 juta cuitan berkaitan dengan debat di Twitter.

Menurut data Twitter Indonesia, puncak percakapan tentang Debat Capres terjadi pada Sabtu sekitar pukul 22.00-23.00 WIB dengan lebih dari 167.000 cuitan per menit.

Salah satu ucapan capres pertahana Joko Widodo yang menarik perhatian warganet adalah saat dia mengemukakan gagasan mengenai Pemerintahan Dilan, yaitu digitalisasi dalam pelayanan atau Digital Melayani.

Capres Prabowo Subianto membalas argumen tersebut dengan menyatakan tidak masalah menggunakan teknologi lama selama kekayaan negeri ini tidak lari ke luar negeri.

Berdasarkan data Twitter, cuitan dari cawapres @sandiuno yang mengucapkan selamat dan sukses untuk Prabowo menjadi salah satu cuitan terpopuler yang berkaitan dengan debat Sabtu malam.

Sandiaga Uno melalui cuitan mengabarkan dia tidak ikut menemani Prabowo karena nonton bareng debat dengan anak-anak muda di wilayah Jakarta Selatan.

Selain itu, cuitan populer juga datang dari akun resmi Partai Gerindra @Gerindra yang menulis ulang salah satu ucapan Prabowo saat debat "Kenapa kalian ketawa? Pertahanan Indonesia rapuh kok kalian ketawa? Lucu? Silakan ketawa kalau negara kita lemah. #PrabowoBentengNKRI".

Cuitan Gubernur Jateng @ganjarpranowo juga meraih perhatian warganet saat debat. Ganjar mempertanyakan "Jadi kita mau pakai teknologi lama apa baru?".

Warganet juga mencuitkan hal-hal lucu yang berkaitan dengan materi Debat Capres keempat kemarin, salah satunya datang dari @ifahmi.

"Negara mana pun di bumi ini gak ada yang berani menyerang Indonesia. Karena mereka semua takut dibully netijen. Sistem Pertahanan Berbasis Netijen andalan kita," kata dia.

Selain mencuit, warganet juga memanfaatkan fitur polling di platform Twitter untuk jajak pendapat seputar debat capres keempat.


Komentar

x