Find and Follow Us

Sabtu, 25 Mei 2019 | 10:29 WIB

Toyota Indonesia Sabet 2 Penghargaan ICMA 2019

Jumat, 29 Maret 2019 | 00:00 WIB
Toyota Indonesia Sabet 2 Penghargaan ICMA 2019
(dok.TAM)

INILAHCOM, Jakarta - Keberhasilan PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengembangkan program pemasaran atau marketing berbasis digital yang menarik bagi pelanggan mendapat apresiasi dari kalangan pelaku digital marketing dan sosial media.

Hasil survei yang dilakukan Media Trusted Connected bersama Grid Story Factory dan Grid Voice terhadap digital media platform yang dikembangkan berbagai perusahaan di Indonesia dalam mendukung pemasaran produk-produk, menetapkan TAM sebagai peraih The Best Content Marketing Implementation in Automotive Category dan The Best Use of YouTube in Content Marketing Implementation dalam ajang Indonesia Content Marketing Award (ICMA) 2019.

"Terima kasih atas penghargaan Indonesia Content Marketing Award 2019 yang menetapkan TAM sebagai The Best Content Marketing Implementation in Automotive Category dan The Best Use of YouTube in Content Marketing Implementation," kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, dalam keterangan persnya kepada INILAHCOM.

Menurut dia, penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas keseriusan TAM menghadirkan berbagai digital media platform sebagai saluran komunikasi dalam mendukung program digital marketing dengan konten-konten yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

"Termasuk pemanfaatan channel YouTube yang kami harapkan mampu memberikan informasi yang lebih mudah dan menarik untuk pelanggan di era digital sekarang ini," ujar Soerjopranoto.

ICMA 2019 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada merek atau lembaga di Indonesia untuk kreativitas dan upaya mereka dalam menerapkan strategi pemasaran melalui konten media digital.

TAM sebagai sebuah perusahaan agen pemegang merk (APM) mobil Toyota di Indonesia berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang ICMA 2019 karena dinilai sukses menghadirkan konten-konten media digital yang kreatif, mendidik, inspiratif, dan interaktif bagi pelanggan dalam mendukung program marketing digitalnya.

Dalam survai yang dilakukan, TAM dengan merek Toyota-nya dinilai konsisten dan berhasil dalam memperhatikan proses pemasaran konten untuk media digital yang dikelola, termasuk dalam mengembangkan strategi yang tepat dalam menentukan tujuan, target audiens, rencana konten, serta optimalisasi konten.

TAM juga mampu mengukur kinerja dan dampak dari berbagai bentuk konten media digital, seperti jumlah kunjungan, tampilan halaman, keterlibatan, dan lainnya.

Selain itu, TAM melalui konten media digitalnya memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan cara-cara baru dan memiliki ide-ide yang kuat dalam mengembangkan strategi konten pemasaran yang menarik.

Sementara dari sisi relevansi, TAM dinilai mampu mengembangkan konten pemasaran yang relevan dengan pemosisian merek, tujuan dan target audiens.

"Era industri digital yang dinamis saat ini merupakan tantangan bagi kami dalam menghadirkan konten-konten digital media yang mampu mendukung aktifitas pemasaran bagi kemajuan bisnis TAM. Karena itu selain memilih dan memanfaatkan saluran komunikasi yang tepat, TAM juga harus jeli untuk menghadirkan konten-konten media digital yang kreatif dan bermakna dalam upaya menjalin engagement dengan pelanggan," kata Soerjopranoto.

Komitmen dan pemanfaatan saluran digital merupakan bagian strategi TAM dengan brand Toyota-nya untuk menyiasati iklim kompetisi pasar otomotif yang semakin ketat serta kondisi konsumen yang semakin cerdas dan kritis di era digital saat ini. Digital approach pertama kali dilakukan melalui situs resmi Toyota Indonesia.

Selain melalui situs resmi, Toyota Indonesia juga hadir melalui berbagai platform seperti YouTube ToyotaIndonesia yang sudah memiliki lebih dari 340.000 subscriber, sebagai channel otomotif pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan 'Silver Button'.

Channel YouTube Toyota Indonesia menduduki peringkat jumlah subcriber kedua di antara channel YouTube Toyota di seluruh dunia setelah channel YouTube Toyota Arab Saudi dan peringkat pertama di kalangan channel YouTube brand otomotif di indonesia.

Selain itu, Toyota juga hadir dengan platform media sosial Facebook ToyotaID, Twitter @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, yang semuanya menempati posisi nomor satu alias teratas di antara akun-akun media sosial milik automakers di Indonesia.

Bahkan baru-baru ini, TAM selaku distributor tunggal kendaraan Toyota di Indonesia juga telah menambah line-up digital approach-nya dengan meluncurkan secara resmi Toyota Interactive Virtual Assistant atau disebut TARRA.

Baca juga: Toyota Luncurkan Layanan Komunikasi Digital TARRA

TARRA hadir sebagai salah satu langkah transformasi digital dalam menjawab kebutuhan pelanggan secara lebih cepat, efektif dan efisien, karena platform ini mampu merespons secara real time dan personalized selama 24 jam.

"Berbagai aktivitas Kaizen atau countinous improvement di segala bidang kami lakukan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang beragam dan pasar yang semakin dinamis, serta demi memberikan yang terbaik kepada para pelanggan," ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.

"Kami senantiasa berupaya memberikan kemudahan yang melebihi ekspektasi pelanggan dalam mengakses berbagai informasi dan referensi tentang produk, teknologi dan jasa yang dibutuhkan melalui berbagai saluran media sesuai dengan perkembangan teknologi," pungkasnya. [ikh]

Komentar

x