Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 23:30 WIB

Deklarasi Smart Citizen Day

Qlue-Kominfo Dorong Literasi Digital

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 28 Maret 2019 | 17:45 WIB
Qlue-Kominfo Dorong Literasi Digital
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Qlue dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi menggelar Smart Citizen Day pertama di dunia yang dideklarasikan di Indonesia. Gerakan ini diinisiasi untuk mendukung gerakan smart citizen di Indonesia.

Sebagai perusahaan terdepan dalam ekosistem smart city, Qlue bersinergi dengan Kominfo melalui inovasi teknologi mendorong gerakan yang fokus memberikan dampak sosial di masyarakat.

Acara dibuka oleh keynote speaker dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang berbicara tentang budaya gotong-royong dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Pemanfaatan teknologi digital mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, dengan penerapan nyata penggunaan teknologi digital dalam hal layanan pemerintah kepada masyarakat untuk memberikan tindak lanjut cepat. Inilah makna gotong royong yang sesungguhnya dimana teknologi informasi digital ini dimanfaatkan secara maksimal.

"Pemerintah juga mendorong pembangunan ekonomi di Indonesia yang berpindah dari sumber daya alam menjadi inovasi yang bertumpu pada kemampuan berpikir dan ilmu pengetahuan yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi," kata Darmin.

"Dengan terus meningkatnya penetrasi internet di Indonesia serta meningkatnya jumlah smart city di Indonesia, pemerintah menargetkan bisa tercipta 1.000 digital startup dengan valuasi bisnis sebesar US$10 miliar dengan pertumbuhan e-commerce mencapai 50 persen per tahun 2020," imbuhnya.

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya menjelaskan menjelaskan Smart Citizen Day hadir untuk mendorong gotong royong. Gerakan ini juga untuk meningkatkan partisipasi publik, pemerintah, dan dari pihak swasta.

Dia melanjutkan, gerakan ini akan menjadi katalis Smart Citizen Day di Indonesia. Rama pun berharap inisiasi ini akan menjadi tonggak sejarah bagi dunia.

Menteri Kominfo Rudiantara menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi Qlue yang berinisiatif untuk membuat Smart Citizen Day dimana dapat menjadi katalis yang memberikan dampak sosial yang positif. Menurut dia, Smart Citizen Day ini sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan literasi digital di Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda Indonesia.

"Besarnya arus informasi di era digital ini membuat masyarakat harus smart dalam menyaring informasi, sebelum membagikan informasi tersebut ke orang lain," ujar Rudiantara.

Deklarator 34 perwakilan provinsi di Indonesia dapat menjadi agent of change sehingga dapat menggerakkan komunitas didaerahnya masing-masing dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Kerja sama yang erat antara Kementerian Komunikasi dan Informasi dan Qlue, diharapkan dapat mempercepat Gerakan 100 smart city di Indonesia sehingga mewujudkan Indonesia menjadi Smart Nation.

Komentar

x