Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 11:10 WIB

Facebook Luncurkan Headset VR Baru, Oculus Rift S

Senin, 25 Maret 2019 | 14:14 WIB
Facebook Luncurkan Headset VR Baru, Oculus Rift S
(techcrunch.com)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Facebook, selaku pemilik produsen perangkat Virtual Reality (VR) Oculus, baru saja memperkenalkan headset VR untuk PC bernama Oculus Rift S.

Merupakan penerus Oculus Rift generasi pertama yang telah meluncur pada 2016 silam, perangkat baru tersebut membawa sejumlah peningkatan dari generasi sebelumnya.

Berbeda dengan perangkat VR Oculus lainnya, seperti Oculus Quest dan Oculus Go, Oculus Rift S harus disambungkan ke PC yang spesifikasinya mumpuni agar bisa menikmati pengalaman berjelajah dunia virtual.

Dari aspek desain, Oculus bekerja sama dengan Lenovo untuk meningkatkan kenyamanan pengguna ketika menggunakan Oculus Rift S, seperti pemerataan bobot yang tidak terfokus di satu titik.

Mekanisme light blocking pada perangkat ini juga lebih baik dari generasi pertama dan Halo Strap yang didesain oleh Lenovo juga membantu untuk menyeimbangkan Oculus Rift S dari segala tekanan ketika digunakan.

Oculus Rift S memiliki spesifikasi layar LCD fast-switch dengan resolusi yang lebih besar dari pendahulunya, yakni 2560 x 1440 piksel, yang kali ini memiliki tiga sub-piksel untuk setiap pikselnya.

Sebagai catatatan, Oculus Rift generasi pertama memiliki layar OLED 2160 x 1200 piksel dan memiliki dua sub-piksel di setiap pikselnya

Dengan resolusi sebesar itu, Oculus Rift S diklaim mampu mengurangi efek screen door (garis yang muncul di antara piksel).

Meski demikian, ada beberapa kekurangan terkait penggunaan layar tersebut. Oculus Rift S mendukung refresh rate yang lebih kecil 10Hz dari generasi pertama, yakni 80Hz.

Penggunaan LCD juga menyebabkan Oculust Rift S tidak bisa menampilkan layar hitam yang lebih pekat dibandingkan generasi sebelumnya.

Pada sisi sensor kamera, Oculus Rift S dibekali dengan lima sensor kamera yang tersemat di berbagai sisi perangkat, yang terdiri dari dua di bagian depan, dua di setiap sisi perangkat (kiri dan kanan), serta satu di bagian atas perangkat.

Seluruh sensor kamera tersebut berfungsi untuk melacak kondisi sekeliling sang pengguna headset VR dari dalam tanpa harus melepaskan perangkat tersebut.

Kamera Oculus Rift S juga dilengkapi dengan fitur Passthrough+ untuk mencegah pengguna headset menabrak obyek di dunia asli, seperti tembok atau meja, ketika berjalan di dalam ruangan.

Oculus Rift S juga dibekali dengan earphone jack 3,5mm dan sepasang motion controller bernama Touch, serupa dengan yang ada di Oculus Quest.

Untuk dukungan game, Oculus Rift S bisa menjalankan sejumlah game yang sudah berjalan di generasi Oculus Rift pertama dan bakal mendukung game-game VR PC lainnya di masa yang akan datang.

Oculus Rift S bakal tersedia di sekitar kuartal kedua ini dengan banderol harga US$399 atau sekitar Rp5,6 juta.

Komentar

x