Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 08:48 WIB

Planet Terdekat Bumi Ternyata Merkurius

Senin, 18 Maret 2019 | 07:07 WIB
Planet Terdekat Bumi Ternyata Merkurius
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Alabama - Selama ini banyak dari kita mengira bahwa planet dalam Tata Surya yang paling dekat dengan Bumi adalah Merkurius. Namun, sekelompok ilmuwan AS memiliki pendapat lain mengenai hal tersebut berdasarkan studi mereka baru-baru ini.

Penelitian teranyar dari sejumlah ilmuwan AS menemukan hasil yang mengejutkan. Mereka menyimpulkan bahwa planet terdekat Bumi bukanlah Venus seperti yang kita tahu selama ini, melainkan Merkurius.

Dalam jurnal yang diterbitkan di Physics Today, ilmuwan Tom Stockman bersama Gabriel Monroe dan Samuel Cordner mengungkapkan bahwa Merkurius merupakan planet terdekat Bumi berdasarkan penghitungan jarak rata-rata dalam waktu tertentu ketika masing-masing planet bergerak pada orbitnya.

Ketika bergerak pada orbitnya mengitari Matahari, Merkurius dan Venus bergerak dalam kecepatan yang berbeda sehingga kadang mencapai jarak terdekat dengan Bumi dan kadang berada dalam titik terjauhnya dengan Bumi.

Dari pergerakan itulah, ketiga ilmuwan itu menghitung jarak rata-rata Venus dan Merkurius terhadap Bumi dalam periode waktu tertentu. Alhasilnya, Merkurius mempunyai jarak rata-rata yang lebih dekat dengan Bumi dibanding Venus yang selama ini dikenal sebagai planet tetangga terdekat Planet Biru kota ini.

Ternyata, oleh beberapa fenomena kecerobohan, ambiguitas, dan sains populer telah disebarluaskan informasi berdasarkan pada asumsi yang salah tentang jarak rata-rata antarplanet, kata tiga ilmuwan AS itu dalam jurnalnya.

Berdasarkan penghitungan jarak rata-rata antarplanet dengan Bumi, tiga ilmuwan itu menemukan bahwa Merkurius memiliki jarak rata-rata 0,28 AU (astronomical unit), lebih pendek dari Venus yang 0,72 AU.

Dengan hasil itu, maka mereka menyimpulkan bahwa Merkurius-lah yang merupakan planet yang terdekat dari Bumi berdasarkan jarak rata-rata dalam kurun waktu tertentu, dibanding planet-planet lainnya dalam Tata Surya, termasuk Venus.

Menurut para ilmuwan itu, Venus terkadang berada pada titik yang lebih jauh dengan Bumi dibanding Merkurius dalam waktu tertentu ketika Venus berada di titik terjauhnya dari Bumi (ketika berada di antara Bumi dan Matahari).

Ketiga ilmuwan itu mengatakan bahwa penghitungan dengan menggunakan jarak rata-rata yang mereka gunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan lebih baik dari yang ada sebelumnya.

Komentar

Embed Widget
x