Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 06:36 WIB

Mode Gelap Chrome Resmi Hadir di MacOS

Jumat, 15 Maret 2019 | 08:30 WIB
Mode Gelap Chrome Resmi Hadir di MacOS
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Google baru saja merilis versi terbaru browser mereka yakni Chrome 73 yang bisa dipasang di perangkat Windows maupun Mac.

Mengutip MacRumors, Chrome 73 sudah mulai diuji beta sejak Februari lalu dengan beberapa fitur baru di dalamnya. Salah satunya adalah fitur dark mode atau mode gelap yang mendukung platform macOS Mojave.

Seperti mode gelap kebanyakan, fitur ini akan menampilkan nuansa gelap pada jendela browser secara otomatis apabila fitur tersebut telah diaktifkan.

Tampilan mode gelap ini hampir mirip dengan tampilan incognito di Chrome. Kecuali logo Google warna-warni dan kolom pencarian yang menggantikan logo incognito.

Selain dark mode, Chrome 73 juga menyediakan fitur tab grouping, di mana pengguna bisa mengorganisir berbagia tab favoritnya.

Tak hanya itu, ada pula kunci multimedia keyboard yang memudahkan aktivitas multimedia, seperti menghentikan, memainkan, dan memutar lagu atau video berikutnya dengan mudah.

Fitur lain adalah opsi picture-in-picture yang aktif otomatis ketika pengguna mengusap video yang sedang terputar.

Chrome 73 juga menyediakan fitur Sync baru dan Google Service di dalam menu Setting untuk mempermudah pengontrolan koleksi data dan opsi lainnya.

Google juga meningkatkan pemeriksaan ejaan dan lencana API baru yang memungkinkan ikon-ikon aplikasi web menyertakan indikator visual untuk beberapa hal, seperti menampilkan jumlah item yang belum dibaca.

Bagi para pengembang, Google juga telah melakukan beberapa perubahan. Di antaranya adalah Signed HTTP Exchange (SGX), yang memungkinkan developer membuat konten portabel lebih mudah. Ada juga Constructable Stylesheets dan dukungan untuk Progressive Web Apps untuk Mac.

Sebanyak 60 perbaikan keamanan turut didatangkan di Chrome 73. Browser tersebut bisa diunduh melalui tombol update di Chrome yang bisa ditemukan dengan mengklik ikon titik tiga di pojok kanan atas.

Jika belum tersedia, kemungkinan pengguna belum mendapat pembaruan atau sudah ter-update secara otomatis. Apabila belum memiliki Chrome dan berniat menginstalnya, bisa mengunjungi tautan berikut.

Google juga dikabarkan tengah menguji coba mode gelap di smartphone Android. Namun, belum diketahui kapan raksasa teknologi asal AS ini akan siap merilisnya untuk publik.

Komentar

Embed Widget
x