Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:05 WIB

Kopi Lokal Makin Populer, Studi Jadi Perhatian

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 13 Maret 2019 | 23:45 WIB
Kopi Lokal Makin Populer, Studi Jadi Perhatian
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Seiring dengan menanjaknya popularitas kopi lokal, Komunitas Kopi ingin meracik kopi ini ada dalam kurikulum pendidikan.

Hal tersebut diungkap pada Acara Ngopi Bareng yang digelar PT Kereta Api Indonesia dan Komunitas Kopi Nusantara dengan tema Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee yang menarik perhatian penikmat kopi.

Pengurus Komunitas Kopi Nusantara Kasih Hanggoro menyebut bahwa jenis kopi di Indonesia sangatlah banyak, namun sayang hanya segelintir orang yang mempunyai ilmu untuk meracik kopi yang nikmat.

"Kopi di Indonesia itu terkenal dengan kenikmatannya dan itu butuk riset, namun sayang hanya segelintir orang yang bisa meraciknya. Saya berharap pelajaran meracik kopi agar menjadi nikmat ada di kurikulum pendidikan. Jadi bisnis kopi ini tidak hanya dikuasai segelintir orang," ujar Hanggoro dalam acara Ngopi Bareng KAI di Jakarta, Selasa malam (12/3/2019).

Dia menjelaskan bahwa para penyuka kopi di Tanah Air kalau datang ke coffee shop tidak hanya butuh minum kopi saja, tapi juga butuh kesenangan dan nyaman saat kongkow menikmati kopi sembari kumpul bersama teman.

"Harga lima belas ribu untuk secangkir kopi tidak akan terasa mahal jika coffee shop itu bisa menyajikan suasana santai dan nyaman bagi konsumen yang ingin kongkow bersama teman-temannya. Strategi ini bisa meningkatkan penjualan," ungkap Hanggoro.

Kita juga ingin memberikan edukasi terkait ilmu kopi, ditambahkan pemegang merek kopi Napu berjenis robusta itu, karena kopi bisa dipelajari secara akademik. Bagaimana menghasilkan kopi berkualitas tinggi yang bisa diterima masyarakat.

Diketahui saat ini sudah ada beberapa sekolah barista dikabarkan menerima banyak pendaftar. Ini tak lain disebabkan makin ramainya kedai kopi, dan di setiapnya membutuhkan setidaknya satu barista andalan yang mampu meracik kopi.

Komentar

x