Find and Follow Us

Jumat, 24 Mei 2019 | 22:49 WIB

F5: Keamanan Aplikasi Itu Penting di Era Digital

Oleh : Taufiqqurakhman | Kamis, 14 Maret 2019 | 07:30 WIB
F5: Keamanan Aplikasi Itu Penting di Era Digital
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Di era internet digital yang mana menawarkan banyak peluang ekonomi, tentu keamanan aplikasi mutlak dibutuhkan. Pihak F5 coba mengungkap hasil studi mereka.

Perusahaan penyedia platform untuk layanan aplikasi, F5, baru saja mengungkap hasil survei mereka akan pentingnya keamanan aplikasi di era transformasi digital untuk wilayah Asia Pasifik.

State of Application Services adalah laporan dari survei yang dilakukan oleh pihak F5, untuk mencari tahu pendekatan-pendekatan apa saja yang dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk transformasi digital serta optimalisasi layanan aplikasi mereka.

Beberapa poin dari hasil survei ini adalah:
1. Menerima teknologi-teknologi baru yang berkembang (66 persen perusahaan).
2. Keamanan yang konsisten dan visibilitas adalah kunci di dunia multi-cloud (34 persen responden yang optimis bisa menangkal serangan terhadap aplikasi).
3. Otomasi dan orkestrasi semakin populer (60 persen responden sudah menerapkan inisiatif tersebut).

Survei ini dilakukan kepada 1.863 orang responden di 20 negara Asia Pasifik.

"F5 adalah perusahaan penyedia platform untuk layanan aplikasi. Layanan kami ada di tengah-tengah antara pengguna dan aplikasinya," papar Fetra Syahbana, Country Manager F5 Networks Indonesia.

"Bahasa teknisnya, F5 adalah layanan penyedia proxy-nya. Jadi, sebelum command/rikues user berjalan ke app, F5 akan terlebih dahulu memastikan rikuesnya valid atau tidak," imbuhnya.

Ketika ditanya sejak kapan F5 beroperasi di Indonesia, Fetra menjawab sudah sekitar 10 tahun. "Sebelum saya, belum ada posisi Country Manager untuk Indonesia. Dan saat itu operasional F5 di Indonesia masih di-cover dari Singapura," jelasnya.

Klien dari F5 datang dari pelbagai bidang, seperti: perbankan, telko, pemerintah, perakitan, distriusi, dan sektor swasta. "Sudah ada ratusan klien kami," jawab Fetra. Namun ia enggan untuk memberi tahu detail jumlah angka klien F5.

Komentar

x