Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 10:38 WIB

Bandel! Foto Iklan Huawei Kembali Menipu

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 13 Maret 2019 | 18:18 WIB
Bandel! Foto Iklan Huawei Kembali Menipu
(glitched)

INILAHCOM, Beijing - Sepertinya Huawei masih belum belajar dari kesalahanya setelah ketahuan memalsukan foto dari smartphone dalam iklan beberapa kali.

Iklan teaser terbaru perusahaan asal China itu untuk smartphone P30 Pro yang akan datang menyiratkan bahwa mereka menunjukkan sampel foto, tetapi nyatanya tidak.

Anda mungkin masih ingat bahwa Huawei mencoba memberikan foto DSLR Canon 5D Mark III sebagai foto P9 pada tahun 2016 dan foto DSLR lainnya sebagai foto selfie Nova 3 dalam iklan 2018.

"Foto, yang diambil secara profesional saat syuting iklan Huawei P9, dibagikan untuk menginspirasi komunitas kami," tulis Huawei setelah kedapatan malu pada tahun 2016.

"Kami menyadari bahwa kami seharusnya lebih jelas dengan keterangan gambar ini. Bukan niat kami untuk menyesatkan. Kami minta maaf untuk ini dan kami telah menghapus gambarnya," tambahnya.

Dan seakan menjadi kebiasannya balik kepada bulan ini, Huwei baru saja mengunggah serangkaian iklan teaser ke akun media sosial Weibo untuk mempromosikan pengumuman P30 Pro pada 26 Maret.

Inilah beberapa di antaranya:

Seperti yang Anda lihat, iklan-iklan tersebut tampaknya menunjukkan pembesar yang memberikan pandangan lebih dekat pada detail setiap foto yang buram.

P30 Pro dilaporkan akan menampilkan kamera zoom periskop yang kuat, sehingga pengamat secara alami berasumsi bahwa Huawei menggoda kekuatan zoom dan kualitas gambar P30 Pro.

Tapi GadgetMatch melakukan beberapa penggalian, dan pencarian gambar terbalik mengungkapkan bahwa foto gunung berapi sebenarnya diterbitkan oleh fotografer Tom Pfeiffer di Flickr pada tahun 2009.

Dan itu juga tersedia sebagai foto stok di Getty Images, di mana Huawei kemungkinan sudah melisensikannya .

Dan foto anak dengan jas hujan kuning? Tampaknya ini berasal dari pemotretan yang sama oleh fotografer Jake Olson dari beberapa tahun yang lalu.

Setelah viral, Huawei diam-diam memperbarui iklan dengan penafian di sudut mengatakan bahwa tujuan mereka adalah iklan kreatif yang dimaksudkan hanya untuk referensi.

Dan seperti dalam kontroversi 2016, Huawei merilis pernyataan kepada media yang menyatakan bahwa itu adalah 'kesalahpahaman' dan bukan upaya untuk menipu.

"Kami telah disadarkan bahwa mungkin ada beberapa kesalahpahaman mengenai poster teaser Seri Huawei P30 baru-baru ini," ujar juru bicara Huawei kepada The Verge.

"Kami ingin menegaskan kembali bahwa itu, pada kenyataannya, hanya poster penggoda, dan hanya dimaksudkan untuk mengisyaratkan fitur-fitur baru yang unik yang akan datang dengan Seri Huawei P30."

"Huawei telah memperoleh lisensi untuk gambar-gambar asli dan poster-poster tersebut adalah terjemahan artistik dari fitur-fitur tersebut saja," tutup Huawei.

Lalu yang jadi pertanyaan ketika sudah ketahuan seperti ini, kenapa setidaknya untuk percaya diri dengan menggunakan hasil foto produknya sendiri? Entahlah, Huawei belum bisa menjawabnya.

Komentar

x