Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 18:28 WIB

4G LTE XL Segera Sambangi Kepulauan Anambas, Kepri

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 9 Maret 2019 | 05:05 WIB
4G LTE XL Segera Sambangi Kepulauan Anambas, Kepri
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Dengan memanfaatkan jaringan tulang punggung Palapa Ring Barat, XL Axiata siap mengaktifkan jaringan 4G LTE di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, akhir Maret ini.

Dalam siaran persnya, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan bahwa pada tahap awal ini baru beberapa BTS yang bisa ditempatkan oleh XL di area tersebut.

"Meskipun begitu, layanan 4G LTE XL Axiata akan bisa melayani area-area yang memang sangat membutuhkan layanan internet cepat, yaitu di Tarempa dan Matak," ujar Yessie.

Menurut dia, XL Axiata telah menjalin kerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk memanfaatkan jaringan backbone Palapa Ring Barat. Secara teknis, jaringan ini mampu memberikan koneksi internet cepat hingga 20Mbps.

Direktur Utama BAKTI Anang Achmad Latif menambahkan, layanan data dari XL Axiata, termasuk 4G ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, pemerintah daerah, juga pelaku usaha di Anambas.

"Ini sesuai dengan visi pemerintah dalam mendorong pembangun Palapa Ring Barat agar percepatan pembangunan bisa dilaksanakan secara merata di seluruh bagian wilayah Indonesia," ungkapnya.

Anang menjelaskan, jaringan fiber optik berkecepatan tinggi Palapa Ring Barat menghubungkan berbagai wilayah terpencil di Kawasan Barat Indonesia yang masuk kategori terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna yang berlokasi di Laut Cina Selatan masuk kategori tersebut.

Untuk tahap awal, jaringan 4G XL Axiata di Anambas akan melayani area Tarempa dan Matak. Secara keseluruhan di wilayah Kepulauan Riau termasuk Kepulauan Anambas, XL Axiata memiliki lebih dari 1.300 BTS termasuk lebih dari 650 BTS 3G dan lebih dari 350 BTS 4G.

Komentar

x