Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 15:14 WIB

MWC 2019

Dibekali 5 Kamera, HMD Luncurkan Nokia 9 PureView

Senin, 25 Februari 2019 | 14:45 WIB
Dibekali 5 Kamera, HMD Luncurkan Nokia 9 PureView
(BGR)

INILAHCOM, Barcelona - Setelah sekian lama rumornya hilir mudik di dunia maya, HMD Global akhirnya resmi meluncurkan Nokia 9 PureView di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 yang saat ini tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Inovasi utama Nokia 9 PureView terletak pada konfigurasi lima kamera utama, persis seperti bocoran yang beredar selama ini.

Mengutip BGR, Nokia 9 PureView seakan mematok standar baru di industri smartphone. Saat produsen lain masih sibuk memamerkan handset dengan tiga atau empat kamera, Nokia langsung meloncat menjadi brand pertama yang memiliki smartphone dengan lima kamera utama.

Desain letak kameranya juga unik, bukan horizontal atau vertikal, melainkan zig-zag. Berdampingan dengan kamera, terdapat LED Flash dan sensor time-of-flight untuk menjamin kedalaman foto.

Kelima kamera Nokia 9 PureView menggunakan sensor besutan Zeiss. Masing-masing memiliki resolusi yang sama, yakni 12MP dan aperture f/1.8. Tiga kameranya memuat lensa monokrom, sementara dua lainnya RGB.

Nokia mengatakan bahwa setiap kamera bisa menangkap exposure yang berbeda untuk menambah data pada hasil foto. Secara teori, cara kerja tersebut memungkinkan hasil foto dengan detail dan warna yang tajam.

Selain dengan Zeiss, Nokia juga berkolaborasi dengan Light, perusahaan fotografi digital asal AS. Kerja sama itu berupa pemakaian chip Lux Capacitor buatan Light untuk mengontrol fungsi kelima kamera.

HMD Global mengklaim jika smartphone Nokia teranyarnya bisa mengambil gambar dengan format RAW. Dengan demikian, pengguna bisa mengotak-atik gambar sesuai kehendak.

Adapun untuk bagian depannya, Nokia 9 PureView memiliki kamera selfie tunggal dengan resolusi 20MP.

Untuk spesifikasi lain, smartphone ini tampil dengan layar OLED 5,99 inci beresolusi Quad HD. Di dalam layar tersebut tertanam pula sensor pemindai sidik jari sebagai sistem keamanan.

Nokia 9 PureView diotaki chipset Snapdragon 845 yang dipadankan RAM 6GB dan memori internal 128GB, serta berjalan menggunakan sistem operasi Android One berbasis Android 9 Pie.

Smartphone ini juga telah mendukung kemampuan NFC, pengisian daya nirkabel, dan port USB Type-C. Sayangnya, port jack headphone 3.5mm harus absen di handset ini.

Nokia 9 PureView sudah dibekali sertifikasi IP67, yang berarti secara teori, smartphone ini mampu bertahan ketika terendam air berkedalaman maksimum 1 meter selama 30 menit.

Tak hanya itu, untuk menjamin ketangguhannya, layar perangkat ini juga dilindungi Gorilla Glass 5.

Nokia 9 PureView tersedia hanya dalam satu pilihan warna, yakni Midnight Blue. Bakal dipasarkan mulai Maret 2019, HMD Global membanderol flagship anyarnya ini seharga US$699 atau sekitar Rp9,8 juta.

Komentar

x