Find and Follow Us

Minggu, 19 Mei 2019 | 16:14 WIB

Flickr Tunda Penghapusan Foto Pengguna Gratis

Senin, 11 Februari 2019 | 10:10 WIB
Flickr Tunda Penghapusan Foto Pengguna Gratis
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Layanan berbagi foto dan video, Flickr, berencana menghapus foto dan video pengguna gratis yang telah melebihi kuota 1.000 buah mulai Februari ini. Belakangan, kebijakan tersebut ditunda.

Keputusan menunda penghapusan diambil karena adanya laporan dari sejumlah pengguna yang mengalami kesulitan dalam mengunduh file di akun Flickr masing-masing.

Menurut Scott Kinzie, Vice President SmugMug --perusahaan yang kini menaungi Flickr-- batas akhir penghapusan foto dan video pengguna gratis ditunda hingga satu bulan ke depan.

Baca juga: Flickr Hapus Foto Pengguna Gratis Melebihi Kuota

"Berdasarkan feedback dari member dan adanya masalah yang dialami sejumlah anggota saat mengunduh foto pada Senin lalu, kami memutuskan untuk menunda tenggat hingga 12 Maret 2019," kata Scott, seperti dilansir USA Today.

"Tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa anggota Flickr memiliki cukup waktu untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang bagaimana mereka dapat melindungi dan menikmati foto-foto mereka di Flickr," lanjutnya.

Para pengguna mengunduh foto dan video sebagai backup agar tidak ikut dimusnahkan karena melebihi batas penyimpanan.

Sebelumnya, pihak Flickr telah memberikan kesempatan bagi pengguna gratis sejak tiga bulan lalu untuk mengunduh foto dan video yang melewati kuota 1.000 foto dan video.

Foto dan video yang berada di urutan di atas 1.000 akan dimusnahkan oleh Flickr. Untuk menghindari hal ini, pengguna non-berbayar diwajibkan untuk upgrade akun Flickr dari versi gratis ke versi Pro dengan harga US$50 per tahun.

Jika enggan untuk upgrade ke versi Pro, pengguna yang memiliki lebih dari 1,000 konten di Flickr harus melakukan backup foto dan video sebelum dihapus.

Cara pertama untuk melakukan backup adalah melalui jalur menu 'Albums' yang berisi kumpulan foto dan video berdasarkan folder (album) yang telah pengguna buat.

Di sini, pengguna akan melihat beberapa album yang telah dibuat Flickr. Untuk mengunduhnya ke komputer, cukup klik tombol 'download'.

Cara kedua yakni menggunakan fitur Camera Roll. Lewat cara ini, pengguna bisa memilih beberapa foto dan video yang ingin dicadangkan. Setelah dipilih, tinggal klik tombol 'download' dan secara otomatis file akan diunduh.

Komentar

x