Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Februari 2019 | 18:11 WIB

Review Produk

Plantronics BackBeat GO 410: Anti Bising Irit Daya

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 9 Februari 2019 | 09:09 WIB

Berita Terkait

Plantronics BackBeat GO 410: Anti Bising Irit Daya
(inilahcom)

REPUTASI Plantronics dalam merancang headphone premium namun dengan harga terjangkau terus bertahan selama bertahun-tahun. Lini produk Plantronics yang sudah beredar di pasaran antara lain Backbeat Go 3 (headphone in-ear neckband), Backbeat Sense (on-ear headphone), dan Backbeat Pro 2 (over-ear headphone).

Satu lagi model terbaru, BackBeat Go 410, adalah headphone over-ear wireless. BackBeat Go 410 keluar sebagai opsi entry level yang layak pada titik harga Rp2.299.000.

Namun tak usah diragukan, kinerja audio tetap tampil seimbang secara mengesankan. Untuk menguji keandalannya, simak review berikut ini:

Desain dan fitur

Dari segi desain, sesuai dengan target penggunanya, BackBeat Go 410 mengusung tampilan yang cukup menarik. On-ear headphone ini ukurannya tidak terlalu besar, dan memang dibuat agar pas di telinga dan tidak mudah bergeser ketika sedang dipakai berolahraga.

Plantronics BackBeat Go 410 sebagian besar terbuat dari plastik dan silikon, yang membuatnya ringan, Headphone masih terasa seperti produk berkualitas dengan sangat pas dan selesai.

Ada penutup kecil yang menutupi port pengisian daya microUSB headphone.

Kabel earbud kanan mencakup remote in-line untuk tombol daya, playback dan pairing, dan earbud itu sendiri bersifat magnetis, yang memungkinkan headphone untuk secara otomatis mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Dual-Mode Active Noise Cancelling (ANC) ketika dihubungkan dengan magnet.

Earbud memiliki tabung yang berbentuk oval dan silikon untuk membantu pas pada telinga. Earbud terasa agak tebal tetapi tetap aman di tempatnya. Headphone Plantronics ini memang tidak ditujukan untuk berolahraga tetapi ini sudah 'tahan keringat' meski tidak ada sertifikasi IP yang diberikan.

BackBeat GO 410 mengusung driver 10 mm dan menyediakan preset equalizer. Saat fitur ANC diaktifkan, BackBeat GO 410 bertahan hingga 8 jam dan bertahan hingga 10 jam saat ANC tidak diaktifkan.

Kabel pengisian daya berfungsi ganda sebagai kabel jack 3,5 mm sehingga Anda bisa tetap mendengarkan musik dari smartphone meski baterai BackBeat GO 410 habis.

Performa

Meski bukan menjadi 'jualan' utamanya, kinerja audio bisa dibilang nyaring tanpa berlebihan terdapat juga ftur equalizer dalam aplikasi untuk pengaturan suara yang diinginkan.

Dengan mengandalkan koneksi melalui Bluetooth, Go 410 menawarkan tanda suara yang seimbang yang bekerja dengan baik untuk semua jenis musik.

Untuk Fitur utamanya sendiri pada headphone ini adalah ANC. Karena itu, kami akan memulainya dengan terlebih dahulu mencoba kedua mode ANC yang diberikan, 'High' dan 'Low'.

Hasilnya, kedua mode ini berhubungan volume suara dari luar, bukan frekuensi. Jadi, saat Anda berada di dalam pesawat ataupun sedang di dalam kereta, gunakanlah mode 'High'. Jika di dalam kantor, pakai mode 'Low'.

Mode 'High' kami coba di kedua kondisi tersebut. Di dalam ruangan, mode ini sangat efektif meredam suara obrolan, deru suara pendingin ruangan.

Di dalam kereta, mode ini juga mampu meminimalisir suara-suara dari luar, meski masih ada sedikit kebocoran minor.

Sedangkan mode 'Low' tidak mampu menghapus keseluruhan suara dari luar saat digunakan di dalam ruangan. Hal itu masih sedikit wajar.

Secara keseluruhan, ANC rata-rata mampu menghalangi jumlah kebisingan yang baik. Lalu dalam hal kinerja saat mencoba koneksi headphone dirasa kuat dan andal berkat adanya Bluetooth 5.0 yang mencegah headphone dari melompati dalam penggunaan sehari-hari kita.

Plantronics juga memungkinkan Anda untuk mengubahnya nada yang diinginkan melalui aplikasi seluler BackBeat meski hanya sedikit, yang memungkinkan Anda memilih antara EQ 'Bright' dan 'Bass' dan pilih yang tinggi, 'Low' atau 'High' untuk ANC.

Dalam hal masa pakai baterai, Plantronics mengklaim 8 jam dengan ANC menyala dan 10 jam dengan ANC mati. Kami menemukan peringkat ini tepat, meskipun mengejutkan bahwa menonaktifkan ANC hanya memberi Anda dua jam ekstra.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, BackBeat Go 410 termasuk in-ear headphone dengan fitur ANC yang sangat baik dalam skala entry-level. Cocok bagi mereka yang ingin membantu menghilangkan kebisingan pesawat atau dalam perjalanan yang bising.

Kelebihan
+ Suara yang dikeluarkan cukup bagus
+ Koneksi yang andal
+ Fitur magnet pintar

Kekurangan
- ANC masih memiliki desisan
- Opsi EQ terbatas

Komentar

Embed Widget
x