Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 07:59 WIB

Ada Banyak Artikel Kesehatan Palsu di Facebook

Jumat, 8 Februari 2019 | 17:30 WIB
Ada Banyak Artikel Kesehatan Palsu di Facebook
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Berita atau informasi palsu (hoaks) yang menyebar di jejaring sosial Facebook tidak melulu menjamah ranah politik, tapi juga kesehatan.

Menurut situs Health Feedback, tujuh dari 10 artikel kesehatan yang paling banyak dibagikan di Facebook pada 2018 mengandung informasi salah atau tidak lengkap.

Mengutip Engadget, artikel-artikel yang mengandung informasi salah telah dibagikan sebanyak 12,3 juta kali. Sementara artikel akurat hanya dibagikan 11 juta kali.

Penelitian yang dilakukan Health Feedback meneliti artikel-artikel kesehatan dari sejumlah media besar. Mereka juga meneliti artikel kesehatan dari situs tak terkenal yang berhasil menyebarkan artikel mereka dengan judul yang bombastis dan informasi salah.

Salah satu topik yang paling sering diangkat adalah terkait penyakit dan cara penanganannya, makanan dan nutrisi, serta vaksinasi.

Menariknya, sebagian besar artikel terkait vaksinasi cukup akurat. Health Feedback menyebutkan, kebanyakan artikel itu membahas tentang naiknya jumlah penderita penyakit yang seharusnya bisa dihindari dengan vaksin karena adanya gerakan anti-vaksin.

Sebaliknya, jumlah artikel bohong paling banyak membahas tentang makanan dan nutrisi. Sejauh ini, topik makanan dan nutrisi memang memiliki jumlah artikel paling banyak di Facebook.

Komentar

x