Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Februari 2019 | 18:15 WIB

Apple Watch Kembali Selamatkan Nyawa Penggunanya

Jumat, 8 Februari 2019 | 09:09 WIB

Berita Terkait

Apple Watch Kembali Selamatkan Nyawa Penggunanya
(Foto: AppleInsider)

INILAHCOM, Oslo - Apple Watch dilaporkan telah menyelamatkan nyawa dari seorang kakek 67 tahun di Norwegia.

Kantor berita Norwegia, NRK, mengabarkan bahwa kakek bernama Toralv Ostvang ditemukan oleh layanan darurat dalam keadaan 'terluka dan tidak sadar' di lantai kamar mandinya.

Petugas medis meyakini jika Ostvang jatuh saat berada di kamar mandi. Setelah itu, fitur pendeteksi jatuh pada Apple Watch secara otomatis menghubungi nomer telepon layanan darurat.

Ketika pengguna Apple Watch jatuh, perangkat itu akan memeriksa apakah penggunanya baik-baik saja. Jika sang pengguna tidak merespons dalam waktu satu menit, jam tangan itu akan secara otomatis memanggil layanan darurat dan memberikan lokasi pengguna, demikian lapor Digital Trends.

Kemungkinan, inilah yang terjadi pada Ostvang. Anak perempuan Ostvang menduga, sang ayah pingsan dan jatuh ke lantai kamar mandi di tengah malah.

Dokter menyebut Ostvang mengalami tiga tulang retak di wajahnya. Namun, sang puteri percaya, keadaan ayahnya bisa jauh lebih buruk jika dia tidak menggunakan Apple Watch, yang memanggil bantuan secepat mungkin.

Fitur pendeteksi jatuh secara otomatis diaktifkan untuk pengguna yang berusia lebih dari 65 tahun. Pengguna yang ingin bisa mengaktifkan fitur tersebut bisa masuk ke aplikasi Watch di iPhone mereka, masuk ke Emergency SOS, dan menggeser slider pada pendeteksi jatuh.

Apple memperingatkan pengguna Apple Watch untuk tidak menggunakan perangkat itu layaknya perangkat medis. Namun, smartwatch itu telah membantu menyelamatkan nyawa para penggunanya berkat fitur seperti pendeteksi jatuh dan elektrokardiogram (EKG).

Fitur EKG yang ada pada Apple Watch Series 4 juga telah menyelamatkan nyawa pria AS, Ed Dentel, yang mencoba menggunakan fitur itu. Dia mendapatkan peringatan bahwa dia mungkin mengalami atrial fibrillation.

Dentel mengira itu adalah kesalahan karena dia merasa sehat. Namun, ketika dia pergi ke rumah sakit, dia mendapatkan konfirmasi bahwa dia memang menderita penyakit tersebut. Dia pun menyebutkan bahwa Apple Watch telah menyelamatkan nyawanya.

Komentar

Embed Widget
x