Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Februari 2019 | 18:10 WIB

Google Hadirkan Aplikasi untuk Pengguna Tuna Rungu

Rabu, 6 Februari 2019 | 14:14 WIB

Berita Terkait

Google Hadirkan Aplikasi untuk Pengguna Tuna Rungu
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Google berupaya meningkatkan keseharian pengguna perangkat Android yang memiliki kekurangan dalam hal pendengaran dengan dua aplikasi, Live Transcription dan Sound Amplifier.

Aplikasi Live Transcription berfungsi membantu pengguna dengan kekurangan dalam hal pendengaran sepenuhnya, sehingga dapat melakukan percakapan dengan masyarakat yang tidak dapat mengerti bahasa isyarat.

Sedangkan aplikasi Sound Amplifier dapat membantu pengguna dengan kekurangan dalam hal pendengaran di situasi sehari-hari.

Seperti namanya, Live Transcription berfungsi membuat transkrip terkait dengan ucapan, dihasilkan oleh sistem pengenalan percakapan otomatis berbasis cloud.

Transkrip ini secara otomatis ditampilkan pada layar sehingga pengguna dengan kekurangan dalam hal pendengaran dapat membaca dan merespon via percakapan atau teks.

Google mengembangkan aplikasi ini dengan mitra di Gallaudet University untuk memastikan aplikasi menawarkan fitur penting.

Google juga menyebut bahwa aplikasi ini tersedia di lebih dari 70 bahasa saat diluncurkan.

Adapun Sound Amplifier membantu mengubah smartphone dan headphone pengguna tuna rungu menjadi alat bantu pendengaran. Tak hanya membantu meningkatkan volume dari suara pelan, namun juga bertugas untuk menyaring suara di latar belakang sebaik mungkin.

Aplikasi ini dilaporkan memiliki opsi tuas geser untuk menemukan suara amplifikasi yang tepat dan pengurangan suara dari berbagai lingkungan.

Aplikasi Live Transcribe akan diluncurkan via program beta, sedangkan Sound Amplifier kini telah tersedia di Google Play Store dan dapat diunduh oleh perangkat yang menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Komentar

Embed Widget
x