Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 11:22 WIB

Penjualan PS4 Turun, Isyaratkan Kehadiran PS5?

Rabu, 6 Februari 2019 | 07:07 WIB
Penjualan PS4 Turun, Isyaratkan Kehadiran PS5?
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Banyak rumor yang menyebut bahwa Sony segera meluncurkan PlayStation 5. Salah satu tanda bahwa perusahaan asal Jepang itu akan memperkenalkan konsol game baru adalah turunnya jumlah penjualan PlayStation 4 pada musim liburan lalu.

USA Today melaporkan, jumlah penjualan PS4 turun 10 persen selama periode Oktober-Desember 2018. Sony menyebutkan, mereka menjual 8,1 juta PS4 pada kuartal ketiga tahun fiskal mereka, turun dari angka 9 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, Sony telah menjual 91,6 juta PS4, mengalahkan total penjualan PS3, yang 'hanya' terjual sekitar 83,8 juta unit. Angka penjualan PS4 mendekati angka penjualan total konsol PlayStation generasi pertama yang diluncurkan di Jepang pada 1994 dan terjual sebanyak 102,4 juta unit.

Naiknya penjualan game PS4 dan bertambahnya jumlah pelanggan PlayStation Plus membuat penghasilan divisi game Sony naik 10 persen menjadi US$7,2 miliar (Rp100,4 triliun), sekitar 30 persen dari total pendapatan Sony yang mencapai US$22 miliar (Rp307 triliun).

Peningkatan penjualan game ini didorong oleh beberapa game eksklusif PS4, seperti Spider-Man dari Marvel yang terjual sebanyak 9 juta unit, dan God of War yang terjual 5 juta unit.

Turunnya jumlah penjualan PS4 di musim liburan lalu itu membuat banyak orang berspekulasi bahwa PlayStation 5 akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Media Inggris Play4 UK mengatakan, Sony telah mendaftarkan domain playstation5.pro. Ini bisa menjadi tanda Sony menyiapkan versi premium dari PlayStation 5, atau merupakan upaya Sony untuk memastikan domain itu tidak disalahgunakan.

Pada Oktober 2018, CEO Sony Kenichiro Yoshida mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya sedang mengembangkan konsol game baru. Sayangnya, ketika itu dia tidak memberikan informasi yang lebih detail lagi.

Komentar

x